Tampilan Desktop


Jembatan Muna-Buton Dianggarkan 1,5 Trilun
124 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Jembatan di Selat Baruta yang menghubungkan antara pulau Muna dan Pulau Buton tidak lama lagi akan teralisasi. Diprediksi pembangunannya dimulai 2017 mendatang.

Laode Muhammad Saidin

Laode Muhammad Saidin

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sultra, Laode Muhammad Saidin mengatakan, jembatan itu sudah lengkap perencanaannya. Saat ini sedang diuji terowongan anginnya yakni kekuatan untuk menahan daya angin karena jembatannya tinggi.

“Sebenarnya proses awalnya sudah memenuhi syarat. Tidak lama lagi akan dilakukan kontrak dan tender,” kata Saidin di Kendari, Jum’at (4/12/2015).

Pembangunan jembatan Muna-Buton akan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dengan total dana Rp 1,5 triliun. Anggaran itu kata Saidin, lebih besar memakan anggaran dibandingkan jembatan Bahteramas yang hanya Rp.700 miliar lebih.

Jembatan Muna-Buton tidak terlalu panjang yakni hanya sekitar 350 meter. Malahan lebih panjang jembatan Bahteramas. Hanya saja jembatan bahteramas kalah dalam ukuran tinggi.

Salah satu faktor penghambat jembatan Muna-Buton yakni desainnya yang belum matang. Kata Saidin, saat ini sedang diupayakan desain selesai 2016 agar 2017 bisa mulai pembangunannya.

 

Penulis: Muhamad Taslim Dalma

Editor: Rustam

Redaksi ZonaSultra

View all contributions by Redaksi ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com