Tampilan Desktop



Jembatan Putus dan Tiga Rumah Warga di Muna Hanyut Diterjang Banjir
1246 Dibaca

Jembatan Putus dan Tiga Rumah Warga di Muna Hanyut Diterjang Banjir BANJIR – Jembatan yang menghubungkan RT 01 dan RT 02 Desa Kamosope, Kecamatan Pasir Putih, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) terlihat terputus akibat banjir yang terjadi pada pukul 05.00 wita dini hari, Minggu (28/5/2017). (Foto : Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, MUNA– Hujan yang melanda Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak satu minggu ini mengakibatkan banjir di Desa Kamosope, Kecamatan Pasir Putih serta mengakibatkan akses jembatan putus dan tiga rumah warga hanyut terbawa arus, Minggu (278/5/2017) dini hari.

Kepala Desa Kamosope, Samsuddin dihubungi via telepon selulernya membenarkan peristiwa itu pada pukul 05.00 Wita hingga mengakibatkan jembatan penghubung antara RT 01 dan RT 02 terputus akibat banjir. Selain itu juga ada tiga rumah warga hanyut terbawa derasnya arus banjir.

“Selain tiga rumah warga yang terhanyut arus banjir, ada juga sembilan rumah warga yang terendam air. Sementara RT 01 ini adalah sebagai lokasi pasar, jadi aktifitas warga di sini lumpuh total untuk ke pasar,” tuturnya saat dihubungi via telpon selulernya, Minggu (28/5/2017) sore.

Tak hanya itu, banjir juga merusak bendungan dan pipa dari instalasi masyarakat milik Pemda Muna yaitu Perusahaan Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Pihaknya baru akan melaporkan musibah ini ke BPBD Muna.

“Sekarang kami membantu warga yang hendak menyeberangkan kendaraan roda duanya, di bantu oleh warga sekitar sini,” tuturnya.

Untuk itu, Samsuddin berharap kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna agar segera membangun kembali jembatan putus, sekaligus dapat memperbaiki sarana jalan yang rusak. Sehingga aktifitas warga, khususnya Desa Kamosope ini bisa berjalan sebagaimana biasanya.

Untuk diketahui, kerugian materil atas hanyutnya tiga rumah warga ditaksir sampai Rp.100 juta lebih, untuk jembatan yang terputus ini sekitar Rp.400 juta serta kerugian PLTMH itu mencapai Rp.200 juta. (B)

 

Reporter : Kasman
Editor : Kiki

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com