Tampilan Desktop



Job Matching, SMKN 1 Kendari Memberi Peluang Kerja Alumninya
137 Dibaca

Job Matching, SMKN 1 Kendari Memberi Peluang Kerja Alumninya JOB MATCHING – SMKN 1 Kendari menggelar Job Matching dan Job Fair SMK 2017. Kegiatan ini dalam rangka menyukseskan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI), untuk mempermudah peluang kerja bagi lulusan SMK. (Sri Rahayu/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – SMKN 1 Kendari menggelar Job Matching dan Job Fair SMK 2017. Kegiatan ini dalam rangka menyukseskan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI), untuk mempermudah peluang kerja bagi lulusan SMK.

Ketua penyelenggara Job Matching, Herman mengungkapkan, Job Matching SMK 2017 tersebut dimaksudkan untuk mempertemukan lulusan dari SMK, baik yang telah lulus maupun yang baru akan lulus, dengan dunia usaha atau industri yang memerlukan tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dan keterampilan lulusan.

“Job Matching ini kita adakan tentunya untuk mengurangi pengangguran yang ada di Kota Kendari, khususnya para lulusan SMK,” kata Herman, Senin (25/9/2017).

Sementara itu, kepala SMKN 1 Kendari, Ali Koua mengungkapkan, dalam Job Matching ini, ada 10 perusahaan yang datang dan siap melakukan fair job atau perekrutan secara langsung terhadap lulusan. Salah satunya adalah Maxcell Depo Teknik dan Bangunan Kendari.

Selain itu, lanjutnya, program Job Matching ini juga bisa menjadi peluang emas bagi para siswa SMK yang akan lulus maupun yang telah lulus untuk lebih mudah menemukan lapangan kerja

Kegiatan tersebut juga mendapat tanggapan positif dari para alumni yang turut hadir. Rosalena misalnya. Ia mengaku dengan adanya Job Matching tersebut, ia bersama kawan-kawannya yang tak sempat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bisa lebih merasa lebih dekat dengan dunia pekerjaan.

“Saya pikir kegiatan ini sangat bermanfaat, karena misalkan seperti kami yang tidak lanjut kuliah bisa tau industri-industri mana saja yang membutuhkan lulusan SMK, sehingga nantinya kami bisa melamar pekerjaan disana,” kata Rosa.

Untuk diketahui, Job Matching sendiri merupakan salah satu program nasional dari Kemendikbud RI, ntuk mengurangi pengangguran lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan mempromosikan sumber daya SMK. Program tersebut bertujuan mempertemukan pencari kerja dengan dunia usaha dan industri. (B)

 

Reporter : Sri Rahayu
Editor : Kiki

Tagged with:
RS ZonaSultra

View all contributions by RS ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com