iklan zonasultra

Jokowi Bakal Serahkan Bantuan UMi di TPI Kota Kendari

Jokowi Bakal Serahkan Bantuan UMi di TPI Kota Kendari
TPI - Sejak pagi ratusan warga mulai memadati kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang terletak di Kelurahan Sodoha, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (2/3/2019). Ratusan warga ini merupakan pengusaha mikro yang ada di Kota Kendari. (Randi Ardiansyah/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sejak pagi ratusan warga mulai memadati kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang terletak di Kelurahan Sodoha, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (2/3/2019). Ratusan warga ini merupakan pengusaha mikro yang ada di Kota Kendari.

Sedianya Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertandang ke TPI Kendari untuk menyerahkan bantuan dana Ultra Mikro (UMi) kepada 700 pelaku usaha mikro yang ada di Kota Kendari.

Salah seorang penerima bantuan Hasnawati mengaku, dirinya sudah menunggu sejak pukul 06.30 Wita. Hasnawati merupakan penjual ikan yang tahun ini menerima bantuan senilai Rp5 juta dari Pengadaian Kendari.

iklan zonasultra

“Saya sudah setahun lebih menerima bantuan ini. Uangnya saya gunakan untuk jualan ikan di Pasar Lapulu, Kota Kendari. Biasanya modalnya balik itu 10 bulan sampai 1 tahun,” ucapnya.

Hasnawati mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan modal dari Penggadaian. Meski harus menjaminkan BPKB kendaraan bermotor miliknya, ia tetap bersyukur sebab mendapat kemudahan untuk usaha kecilnya.

“Bunganya kecil, hanya 1 persen saja. Harapannya kalau bisa dinaikkan lagi nilai bantuannya,” harapnya.

Sama seperti Hasnawati, Samsia yang juga pengusaha mikro mengaku telah mendapatkan bantuan sejak 2 tahun lalu. Ia bersama dengan kelompok usaha mikro Beringin Dua juga merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan itu.

“Kalau kita terimannya dari PNM, per orangnya terima Rp2,5 juta. Kita pake buat usaha jual-jual sembako dan kue-kue, kalau bunganya kecil cuma 1 persen. Misalnya kalau ambil uang Rp2 juta, kita bayarnya perminggu Rp50 ribu,” ujarnya.

Hingga pukul 08.30 Wita, belum terlihat kehadiran Presiden Jokowi di TPI Kendari. Sementara warga terus memadati kawasan TPI Kendari. (b)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib