Tampilan Desktop


Juli, Tiga Kecamatan di Konsel Terancam Kekeringan
19 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan pada Juli 2015 mendatang tiga kecamatan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) yakni Kecamatan Palangga, Buke dan Andoolo akan mengalami kekeringan. Hal ini terungkap dalam rapat antara BMKG dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (18/6/2015). 

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Konsel Ari Sismanto mengungkapkan, meski di tiga kecamatan tersebut (Palangga, Buke dan Andoolo) akan mengalami kekeringan namun pihaknya tetap optimis masih bisa melakukan penanaman. Pasalnya, pada Juli mendatang masih ada intensitas curah hujan walaupun sedikit.

“Bulan Juli yang diperkirakan kemarau juga masih ada curah hujan sedikit,” katanya.

Sementara untuk daerah lainnya yang masih belum  memasuki musim kemarau kemungkinan akhir Agustus 2015 baru ada beberapa kecamatan yang juga akan mengalami kekeringan. Meski demikian, kata Ari, untuk jadwal tanam hingga September pihaknya merasa tidak akan ada gangguan

“Untuk jadwal tanam periode April hingga September, kita hampir tidak terganggu seperti di Palangga, Andoolo dan Buke yang memang masuk musim kemarau dan itu tetap kita akan lakukan penanaman karena sudah ada irigasi yang dibangun untuk mendukung tanaman tersebut,” terangnya. 

Sebagai tambahan, Dinas Pertanian dan Peternakan Konsel tahun ini lebih fokus pada peningkatan produktivitas tanaman, dimana pada tahun sebelumnya hanya dapat menanam sekali maka pada tahun ini bisa menanam dua kali.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com