Tampilan Desktop



Jumat Barokah, Pemda Konut Salurkan Bantuan pada Masyarakat Kepulauan
134 Dibaca

Jumat Barokah, Pemda Konut Salurkan Bantuan pada Masyarakat Kepulauan JUMAT BAROKAH – Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin bersama Wakil Bupati Konut, Raup dan Wakil Ketua DPRD Konut, Sudiro saat melakukan penijauan rumah di Desa Boedingi Kecamatan Lasolo Kepulauan, juga memberikan beberapa fasilitas bantuan kepada masyarakat dan pembukaan jalan darat baru yang menghubungkan langsung ke wilayah Kecamatan Langkikima. (Jefri/ZONASULTRA.COM).

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Jumat Barokah di Desa Boedingi, Kecamatan Lasolo Kepulauan (Laskep). Kegiatan yang menjadi program rutinitas pemerintahan Ruksamin-Raup itu, berbagai bantuan disalurkan kepada warga yang berada di sekitaran wilayah pesisir pantai.

Bantuan yang diberikan antara lain 40 buah buku Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2009 tentang Buta Baca Tulis Huruf Alquran, bantuan kotak P3K untuk pertolangan pertama pada kecelakaan, 1 set amplifaer yang diperuntukkan di mesjid, beras masing-masing berisi 5 kilo gram sebanyak 35 karung, 1 set BKB kit.

Jumat Barokah, Pemda Konut Salurkan Bantuan pada Masyarakat Kepulauan

Selanjutnya 5 pis pukat nelayan untuk menangkap ikan, 20 kilo chat rumah, seng sebanyak 60 lembar, kayu untuk merehab rumah warga, alat olah raga dan berbagai macam buku bimibingan untuk warga setempat.

Tak hanya bantuan, kegiatan yang mendapat pengakuan sebagai program nasional dari BKKBN pusat itu juga dilakukan rehab rumah warga mulai dari atap, lantai dan dinding sebanyak 35 kepala keluarga (KK) dan rumah ibadah yang menggunakan sumber anggara hasil sumbangsih dari bupati, wakil bupati dan para kepala SKPD Konut dengan nilai Rp 300 juta.

Jumat Barokah, Pemda Konut Salurkan Bantuan pada Masyarakat KepulauanBahkan pelayanan kesehatan dan pemberian obat secara gratis juga tak luput dari program yang rutin dijalankan tiap bulan sekali itu. Serta penyuluhan bina keluarga balita (BKB), bina keluarga remaja (BKR) dan bina keluarga lansia (BKL) jika diberikan kepada kader-kader BKB dalam melakukan pemibinaan untuk menata hidup menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin mengatakan, kegiatan yang dijalankan adalah untuk menjalin tali silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat dalam merajuk kebersamaan dan kekompakan membangun Konawe Utara yang lebih baik dan maju ke depannya.

“Saya menempuh jalan berjam-jam sengaja datang ke Desa Boedingi agar dapat bersentuhan langsung dengan masyarakat dan melihat, merasakan juga mendengar apa yang dibutuhkan dan apa yang harus kita berikan,” kata Ruksamin usai menyerahkan bantuan di wilayah tersebut.

Jumat Barokah, Pemda Konut Salurkan Bantuan pada Masyarakat KepulauanKetua DPW Partai PBB Ini mengungkapkan bahwasanya masyarakat yang ada di wilayah penghasil nikel itu semua sama dan berhak mendapat pelayanan yang merata. Tak ada perbedaan antara warga daratan dan kepualauan, begitu juga suku-suku yang ada di wilayah itu.

Baca Juga : Dinas Pertanian Konut Terima Bantuan 10 Unit Hand Traktor

Selain itu, masyarakat 3 desa kepulauan seperti Boedingi, Boenaga dan Waturambaha yang notabene sebagai nelayan itu kini tak harus kesulitan untuk menempuh jalur akses lewat darat. Pasalnya, pemerintah di bawah gerakan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Konut bekerjasama dengan beberapa perusahaan telah membuka akses jalan darat baru dengan panjang sekitar 13 kilometer yang melintasi hutan pegunungan yang langsung dihubungkan di wilayah Kecamatan Langkikima tembus menuju ibu kota Wanggudu.

“Jalan ini kami buka untuk masyarakat agar lebih mudah mendapatkan segala pelayanan, baik itu kesehatan maupun urusan kepemerintahan tanpa harus melawati laut lagi yang mempunyai resiko tinggi. Apalagi jika ombak naik,” lanjut Ruksamin.

Jumat Barokah, Pemda Konut Salurkan Bantuan pada Masyarakat Kepulauan

Wakil Ketua l DPRD Konut Sudiro yang hadir dalam kegiatan ini juga memberikan apresiasi besar terhadap kinerja Pemda Konut yang betul-betul memberikan perhatian besar kepada masyarakat. Dirinya mengungkapkan dari berbagai rangkaian acara yang telah dilakukan di wilayah kepulauan merupakan satu kesatuan yang utuh dan menjadi jaminan masyarakat mendapat kesejahteraan.

“Ini menjadi suatu petunjuk bahwa tidak ada hambatan lagi untuk kita mendapat hak dan kewajiban sebagai masyarkat Konut, kegiatan jumat barokah ini merupakan sebuah proses tahapan untuk membangun daerah konawe utara lebih berdaulat dan bermartabat,” tutupnya. (B)

 

Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Jumriati

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free