Tampilan Desktop



Kabupaten Malang Siap Launching Branding Pariwisata di Kokas
47 Dibaca

ZONASULTRA.COM, MALANG – Pilihan brand Kabupaten Malang sebagai destinasi wisata unggulan akhirnya terjawab. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang memutuskan menggunakan tagline ”Kabupaten Malang: The Heart of East Java”. Rencananya, launching penggunaan branding anyar itu dilakukan di Kota Kasablanka Jakarta, Kamis (4/5).

tugu_baikota_malang

Tugu Balaikota Malang (Google Images)

Keputusan penggunaan branding tersebut dibenarkan Bupati Malang Rendra Kresna. Menurutnya, brand The Heart of East Java ini akan disertakan pada seluruh usaha kepariwisataan Kabupaten Malang. “Kami pilih brand ini karena Kabupaten Malang adalah jantungnya Jawa Timur. Semua ada di Kabupaten Malang mulai dari pertanian, perdagangan, pegunungan, adat istiadat, suku bangsa dan etnisnya,” ucap Bupati Malang Rendra Kresna, saat didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara, Rabu (3/5).

Kesan yang ingin disampaikan, wilayah Kabupaten Malang memang menjadi jantung untuk Jawa Timur. Wilayahnya strategis dan mempunyai potensi wisata yang melimpah. “Jadi kalau Indonesia punya brand Wonderful Indonesia untuk menjual pariwisata, di Kabupaten Malang juga akan fokus menjual pariwisata lewat The Heart Of East Java. Harapannya, branding ini mampu semakin memperkenalkan dunia kepariwisataan Kabupaten Malang,” sambung Bupati.

Baca Juga : 2018 Ajang Promosi Besar-besaran, Destinasi Harus Disiapkan

Soal ini, dia mengaku sangat pede. Maklum, pilihan tersebut sesuai dengan rekomendasi MarkPlus, konsultan bidang pemasaran yang sudah menjadi langganan sejumlah kementerian. Dengan kekuatan branding baru nanti, Kabupaten Malang makin pede mengejar target 5 juta wisatawan di 2017. “Kami yakin tercapai. Di 2016 saja, pengunjung wisata di Kabupaten Malang berjumlah 3,5 juta,” ucap Bupati Malang.

Kini, setelah pilihan ditentukan, agenda launching langsung disusun. “Untuk soft launching, kami akan melakukannya di Desa Pujon Kidul, bertepatan dengan acara Bina Desa. Sedangkan grand launching digelar di Ibu Kota Jakarta,” sambung Rendra.

Menpar Arief Yahya ikutan happy dengan rencana launching branding pariwisata Kabupaten Malang tadi. Apalagi, brandingnya lahir dari rekomendasi MarkPlus, lembaga yang memiliki kredibilitas. “Branding itu sangat penting. Hasilnya tidak bisa langsung dilihat. Dulu, Wonderful Indonesia belum banyak dikenal di negara lain. Kini, branding Wonderful Indonesia berhasil berada di peringkat 47 dunia dari sebelumnya not available, tidak ada peringkat. Bahkan, Wonderful Indonesia sudah berhasil mengalahkan Thailand dan Malaysia berdasarkan Travel and Tourism Competitiveness Index World Economic Forum (WEF) ,” tambah Arief.

Baca Juga : Blogger, Vlogger dan Selebgram Kibarkan #wonderfulnoon di Dunia Maya

Branding, lanjut Arief, adalah janji kepada konsumen. Kalau brand tidak memberikan apa yang dijanjikan, reputasi brand tersebut akan jatuh. “Mau tetap atau berubah, mau satu atau lebih dari satu, ada contoh suksesnya. Lakukan apa yang sudah sukses, jangan memulai dari awal. Tapi berawal dari akhir,” ucap Mantan Dirut PT Telkom Indonesia itu.

Satu lagi yang diingatkan Menpar Arief Yahya, apapun brandingnya itu tidak perlu dipertentangkan. “Yang penting, dipromosikan,” kata dia.(*)

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free