Tampilan Desktop



Kader-Kader PAN Berebut Dukungan di Pilkada 2018
332 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kader-kader PAN mulai menunjukkan diri untuk maju dalam Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) 2018 yakni di Baubau, Konawe, bahkan dalam pemilihan gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) 2018.

Jokowi Izinkan WNA Bentuk Ormas, Ini Tanggapan DPRD Sultra

Suwandi Andi

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sultra Suwandi Andi mengatakan di Baubau bukan saja Walikota AS. Thamrin yang maju kembali tapi ada juga kader PAN yang lain yakni Roslina yang kini menjabat Ketua DPRD Baubau. Dalam status sebagai kader PAN maka sama haknya untuk memakai pintu PAN.

“Bahwa nanti siapa yang direkomendasi DPP (Dewan Pimpinan Pusat) maupun DPW maka lihat ujungnya nanti, saya yakin keduanya memiliki kapasitas dan peluang yang sama,” ujar Suwandi yang juga anggota DPRD Sultra di ruang kerjanya, Rabu (19/7/2017).

Begitu pula, di Pilkada Konawe ada dua kader Pan yang terwacana maju yakni Kery Saiful Konggoasa dan Syamsul Ibrahim. Selain itu, dalam pemilihan gubernur juga ada lebih dari satu kader yang akan maju bertarung, misalnya Asrun dan Tina Nur Alam.

Khusus untuk Pilkada Kolaka belum ada informasi yang masuk ke DPW meskipun dari media massa bahwa kader Amir Sahaka juga terwacana untuk maju. Kata Suwandi, di Kolaka cukup menarik karena kabarnya pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kolaka komunikasi intensif dengan Ahmad Sjafei (bupati saat ini).

“Sama-sama maju (sesama kader) tidak apa-apa, itu hak politik kader tapikan pintu PAN tidak mungkin mengusung 2 pasangan calon karena syarat undang-undang hanya satu pasang,” tutur Suwandi.

Di Pilkada-pilkada sebelumnya pernah terjadi di beberapa daerah ada kader yang maju lebih dari satu. Kata Suwandi, saat itu Nur Alam sebagai Ketua DPW selalu menyarankan agar satu kader saja yang maju namun ada yang patuh dan ada juga yang tidak sehingga kader sama-sama bertarung di Pilkada.

Namun demikian, usungan PAN di Pilkada 2018 sama sekali belum dipastikan karena proses penjaringan belum dimulai. Saat ini DPW PAN masih dihadapkan denganjadi atau tidaknya Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswilub). (B)

 

Reporter : Muhamad Taslim Dalma
Editor : Tahir Ose

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com