Kadinkes Konut: 22.800 Kartu BPJS Gratis Sudah Tersalurkan ke Masyarakat

0
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Konut, Nurjannah Efendi
Nurjannah Efendi

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Konawe Utarab (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) Nurjannah Efendi mengungkapkan, dalam tahun ini, pihaknya telah menyalurkan 22.800 lembar kartu Badan Penyelenggara Jamin Sosial (BPJS) gratis kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Konut, Nurjannah Efendi
Nurjannah Efendi

Jumlah ini dianggap sudah sesuai dengan kuota penerima BPJS Kesehatan gratis tahun 2017, sebagaimana porsi anggaran yang disiapkan senilai Rp. 5 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Konut.

Dia menambahkan, saat ini masih ada 7.000 Kepala Keluarga (KK) yang belum menerima Kaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang disiapkan oleh Pemda setempat melalui layanan BPJS Kesehatan ini.

Untuk itu, saat ini pihaknya kembali melakukan pendataan masyarakat yang belum memliki kartu BPJS gratis itu, untuk kembali diprogramkan pada tahun 2018 mendatang.

Agar proses pendataan ini lebih maksimal, Dinkes Konut melibatkan langsung pemerintah Kecamatan, lurah, desa dan Puskesmas-puskesmas yang ada di wilayah itu.

“Sisya sekitar 7000 ribu inilah yang akan kita kejar ke depannya. Sebagian masyarakat juga kan sudah ada yang mempunyai kartu jaminan kesejahatan. Jadi yang belum punya saja yang kami data,” kata Nurjannah di ruang kerjanya, Kamis (19/10/2017).

“Dalam pendataan itu banyak yang ganda hampir 22 ribu KK. Inilah yang harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan,” tambahnya.

Dia juga mengingatkan, jika dalam satu KKK telah terdaftar sebagai peserta JKN yang didanai Pemda Konut, seharusnya kartu yang dimilikinya itu jangan dimatikan, agar bisa dialihkan ke masyarakat yang belum miliki kartu. Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang tidak memiliki kartu BPJS Kesehatan.

Dijelaskannya, kartu BPJS yang telah disalurkan itu bisa dimanfaatkan masyarkat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis baik di Puskesmas ataupun Rumah sakit yang ada di Konut ataupun luar daerah.

Pemberian kartu BPJS gartis ini merupakan program kerja bupati Konut dan wakilnya, Ruksamin-Raup. Tujuannya untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat.

“Program kerja ini menjadi satu-satunya yang ada di Sultra. Dan Konut adalah daerah pertama yang mengadakan program kartu BPJS gratis untuk masyrakatnya,” imbuhnya. (B)

 

Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Abdul Saban

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here