Tampilan Desktop


Kadis Dikbud Nilai Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Kendari Efektif
24 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari, Makmur menilai penggunaan Kurikuklum 2013 masih efektif diterapkan dalam dunia pendidikan, khususnya di Kota Kendari.

Ilustrasi

Ilustrasi

Menurut Makmur, di Kota Kendari ada 16 sekolah yang menjadi sekolah percontohan penggunaan Kurikulum 2013 berdasarkan SK Kemendikbud.

Dan hingga saat ini penyelenggaraan Kurikulum 2013 di sekolah yang menjadi piloting masih tetap berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan pemerintah pusat. Hal ini menunjukkan bahwa Kurikulum 2013 masih efektif diterapkan.

Bahkan pada 2016 ini kemungkinan sekolah yang akan menyelenggarakan Kurikulum 2013 di Kota Kendari juga bertambah.

“Saat ini kami belum tahu ada berapa sekolah yang akan ditambahkan untuk menggunakan Kurikulum 2013, kita masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Kemendikbud, baik itu dari jenjang SD, SMP maupun SMA dan SMK,” kata Makmur, Rabu (1/6/2016).

Terkait kelebihan dari Kurikulum 2013 ini, kata Makmur, sebenarnya masih sama dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang saat ini masih banyak digunakan oleh sebagain besar sekolah di Tanah Air. Hanya saja yang membedakannya adalah sistem penilaian.

“Penilaian ini dilakukan secara holistik yang menggunakan metode penilaian narasi. Dalam hal ini dijelaskan kemampuan para sisiwa. Untuk Kurikulum 2013 ini yang paling aktif adalah siswa dan guru itu sendiri,’’ tutupnya.

Pihaknya berharap tahun selanjutnya pelaksanaan Kurikulum 2013 bisa diserentakan di Kota Kendari. (B)

 

Penulis : Laode Pialo
Editor  : Jumriati

View all contributions by

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com