Tampilan Desktop


Kalah di Pilkada Konsel, PDIP : Kecewa Tapi Legowo
608 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI –  Partai Demokrasi  Indonesia (PDIP) – Perjuangan  Kabupaten Konawe Selatan mengaku legowo dengan hasil pilkada  serentak 2015  di daerah itu.  Meski kecewa karena pasangan calon bupati dan wakil bupati yang mereka usung yakni Asnawi Syukur-Rustam Tamburaka tidak terpilih.   Baik Paslon dan PDI- Perjuangan wilayah  Konawe Selatan (Konsel)  pun sepakat tidak akan melakukan gugatan  ke Mahkama Konstitusi (MK).

Abdul Malik Silondae

Abdul Malik Silondae

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-Perjuangan Kabupaten Konsel, Abdul Malik Silondae mengungkapkan, pada pertarungan pilkada Konsel, PDI-Perjuangan sudah bekerja maksimal, namun apa dikata masyarakat sudah menentukan pilihanya. Menurut malik yang juga anggota DPR Provinsi Sultra, dalam setiap pertarungan menang kalah itu hal yang lazim terjadi.  PDI-Perjuangan pun menghormati hasil yang sudah ditetapkan oleh KPU setempat.

“Bukan masalah mengakui atau tidak, kemenangannya (Surunuddin – Arsalim) namun kami menghormati apa yang telah menjadi keputusan KPU,” kata Malik pada sejumlah rekan media di kantor Sekretariat DPRD Sultra, Selasa (22/12/2015).

Pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih Surunuddin Dangga -Arsalim yang telah diplenokan oleh KPU lanjut pria yang juga menjabat sebagai senator di DPR Provinsi Sultra itu, harus didukung sebagai pemimpin Konsel berikutnya. Hal itu kata Malik, demi perkembangan Konsel yang lebih baik ke depan.

Seperti diketahui pasangan calon bupati  dan wakil bupati terpilih di Konsel Surunuddin Dangga – Arsalim yang diusung oleh partai Golkar, PBB dan Hanura, meraih perolehan 57.099 suara atau 38,01 persen, unggul jauh dari pesaingnya nomor urut 2, Muh. Endang-Nurfa Thalib  yang disusung oleh Demokrat dan PKB dengan perolehan suara 46.204 atau 30,74 persen, disusul paslon nomor urut 1 Asnawi Syukur–Rustam Tamburaka  yang diusung oleh PAN, Nasdem, PDIP, PKS, PPP, dan Gerindra  40.186 suara atau 26,75 persen, dan posisi paling buntut diraih  paslon nomor urut 4 Rusmin Abdul Gani–Muhlisyang merupakan paslon independen dengan perolehan suara hanya 6.723 suara atau 4,48 persen.

Berikut Paslon usungan PDIP yang kalah dan mengajukan gugatan ke MK :

Kabupaten Muna
– Rusman Emba – Malik Ditu (PDIP dan Demokrat)

Kabupaten Konawe Utara
– Aswad Sulaiman-Abuhaera (PDIP,Gerindra, dan Hanura)

Kabupaten Konawe Kepulauan
– Nur Sinapoy-Abdul Salam (PAN, PKB, PKS, Nasdem, PDIP, Hanura, PBB, dan Golkar)

Kabupaten Wakatobi
– Haliana – Muhammad Syawal (PDIP, PPP, Demokrat, dan PKB)

Sementara untuk 2 daerah lainnya usungan PDIP menang dan tidak melakukan gugatan yakni

Kabupaten Kolaka Timur
– Tony Herbiansyah-Andi Merya Nur (PDIP, Nasdem, dan Demokrat)

Kabupaten Buton Utara
– Abu Hasan-Ramadio (PDIP, Demokrat, PKB)

 

Penulis : Muhamad Taslim Dalma
Editor : Tahir Ose

Tagged with: ,
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com