Tampilan Desktop


Kandidat Balon Wakil Bupati Ini Kecewa Tak Dapat Rekomendasi PAN Dampingi Ridwan Zakariah
30 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional yang menetapkan pasangan Ridwan Zakariah-La Djiru sebagai bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Desember mendatang menuai kekecawaan dari salah satu kandidat balon wakil bupati lainnya, Zaetu Ampo.

Menurut Zaetu, dirinya telah menjalani semua proses penjaringan yang dilakukan oleh PAN Butur. Bahkan dirinya mengikuti fit and proper test hingga ke Jakarta. Meskipun demikian, dia tetap tidak direkomendasikan oleh DPP PAN untuk mendampingi Ridwan Zakariah sebagai balon bupati Butur dari PAN.

Rekomendasi tersebut, lanjutnya, justru diberikan kepada La Djiru yang diketahuinya tidak pernah mengikuti proses penjaringan di internal PAN.

“Saya sudah ikuti semua mekanisme, sampai penyampaian visi dan misi juga saya lakukan, anehnya yang tidak ikut mekanisme yang direkomendasikan PAN sebagai wakil bupati. Sesuai aturan seharusnya dia (La Djiru) ikut fit and proper test dulu. Tapi pertanyaannya, kenapa ia direkomendasikan mewakili Ridwan Zakariah,” beber Zaetu, Sabtu (1/8/2015).

Dirinya juga menilai PAN Butur tidak konsisten terhadap mekanisme yang telah dibuat. “Kalau memang sudah ada orangnya mending jangan dibuka pendaftaran agar tidak ada yang kecewa,” ujar mantan Asisten I Pemda Butur ini.

Sementara itu, tim penjaringan balon bupati dan wakil bupati Butur dari PAN, Asmadin menepis pernyataan yang di utarakan Zaetu Ampo.

“Di mana tidak konsistennya, semua organisasi politik punya ukuran. PAN juga begitu,” kata Asmadin.

Dikatakan, perekrutan PAN untuk balon bupati dan wakil bupati tidak hanya melihat tokoh yang memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi. Akan tetapi, harus produktif dan punya kapabilitas.

Sosok La Djiru, lanjut dia, yang notabene mantan Sekda Butur dianggap memiliki elektabilits dan punya kapabilitas sehingga ditunjuk sebagai pendamping Ridwan Zakariah.

Sebelumnya, ada beberapa balon wakil bupati yang mendaftar di PAN untuk mendampingi Ridwan Zakariah, diantaranya La Djiru dan Zaetu Ampo. Setelah melalui proses penjaringan dan melihat elektabilitas di masyarakat, sosok La Djiru dianggap pantas mendampingi Ridwan.

“Memiliki tingkat elektabilitas, produktif dan memiliki tingkat kapabilitas ialah La Djiru,” ucapnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com