Tampilan Desktop



Kantor Disbunhorti Baru Telan Anggaran Rp 13 Miliar
71 Dibaca

Kantor Disbunholti Baru Telan Anggaran Rp 13 Miliar

PERESMIAN – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam saat menandatangani prasasti gedung Dinas Perkebunan dan Holtikultura Provinsi Sultra di Kompleks Perkantoran Bumi Praja Andounohu, Selasa (7/2/2017). (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pembangunan kantor baru Dinas Perkebunan dan Holtikultura (Disbunhorti) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menelan anggaran sekitar Rp. 13 miliar.

Kepala Disbunhorti Sultra, Yesna Suarni menjelaskan bahwa pembangunan gedung di atas lahan seluas 2 hektar ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2015 dan 2016 untuk pembangunan kantor, normalisasi dan perencanaan dengan jumlah keseluruhan sekitar Rp. 10 miliar.

Kemudian pada tahun 2017, dalam DIPA APBD dialokasikan dana pemasangan paving block, papan nama, pemasangan AC dan penangkal petir sekitar Rp. 1,5 miliar. Sehingga secara keseluruhan jika dijumlah dari tahun 2015 mencapai sekitar Rp. 13 miliar rupiah.

“Luas untuk bangunan gendung kantor adalah 2.310 meter persegi dengan instalaisai 3 fase dan saluran air bawah tanah, tetunya ini semua untuk kenyaman ruang kerja para pegawai,” ungkap Yesna dalam sambutannya, Selasa (7/2/2016).

Selanjutnya, untuk sound system seluruh ruangan kerja telah terkoneksi dengan microphone yang memudahkan jangkaun komunikasi. Diketahui perencanaan pembangunan dilakukan oleh CV. Langgeng Buana Konsultan, sedangkan kontraktor yang mengerjakan pembangunan gedung ini adalah PT. Abiputra dibawah pengawasan CV. Langgeng Buana Konsultan.

Kantor Dinas Perkebunan dan Holtikultura

Kantor Dinas Perkebunan dan Holtikultura

Selain itu, halaman belakang sekitar 1,5 hektar dijadikan sebagai lokasi penanman sejumlah komoditas perkebunan, yang dapat dijadikan sebagai sarana belajar bagi siswa SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Hal itu dimaksud untuk mengenal jenis-jenis tanaman perkebunan yang ada di Sultra, misalnya sejumlah tanaman lokal holtikultura buah Singi dan Ruruhi.

Untuk diketahui, Gubernur Sultra Nur Alam hari ini pun meresmikan penggunaan gedung baru tersebut yang sebelumnya berada di samping kantor Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sultra, Balaikota Kendari. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free