Tampilan Desktop


Kanwil Kemenkumham Sultra Gelar Diseminasi Pembinaan Tahanan
19 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum Dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) serta Badan Pemasyarakatan (Bapas) dan Rubasan menggelar diseminasi pembinaan narapidana dan diseminasi pelayanan tahanan, Rabu (20/5/2015). Ini dilakukan sebagai  bentuk pendidikan yang bersifat tekhnis, dengan memberikan materi pemahaman tata cara pembinaan warga binaan.

“Secara kontekstual, berbicara soal warga binaan yang di Lapas itu kan sudah putus sehingga kita  lakukan pembinaan. Kemudian pelayanan tahanan, kalau yang berada di rutan itu masih tahanan yang masih melalui  proses, kita berupaya  memberikan pelayanan dan memberikan  bimbingan sebelum mendapatkan putusan dari pengadilan, nah itulah yang di katakan diseminasi pelayanan tahanan,” tutur Kepala Devisi Pemasyarakatan Sulawesi Tenggara, Muslim.
Ia menjelaskan, secara pembinaan di harapkan dengan adanya pendidikan diseminasi dapat meningkatkan pemahaman warga binaan secara sinergitas. 
Selain itu rencananya sebanyak tujuh diseminasi baru untuk petugas warga binaan bakal rancang. Diantaranya diseminasi kode etik, bidang kesehatan perawatan, keamanan, pelayanan, dan penafsiran barang. 
“Barang sitaan yang ada di rubasan ketika  itu mau di lebur atau di musnahkan tentu harus di tafsir oleh yang ahli dalam bidang penafsiran. Oleh karena itu teori-teori itu akan di terapkan ke pegawai-pegawai rubasan,” ujarnya.
Tujuan dari rapat diseminasi guna menyatukan visi serta menyatukan pemahaman tentang pola yang harus di terapkan di Lapas. (**Randi)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com