Tampilan Desktop



Kapan Audit Dugaan Korupsi Bantuan Rumah Ibadah di Konsel Rampung?
84 Dibaca

Kinerja BPKP Sultra ini terbilang cukup lamban. Pasalnya, pihak kepolisian sudah meminta audit sejak tahun 2014 lalu. 

Kinerja BPKP Sultra ini terbilang cukup lamban. Pasalnya, pihak kepolisian sudah meminta audit sejak tahun 2014 lalu. 
Sebelumnya penyidik tipikor Polda Sultra telah menetapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdik) Konsel Walam sebagai tersangka, setalah penyidik tipikor telah memeriksa 73 orang saksi di antaranya para kepala desa dan pengurus masjid. 
Dari hasil penyidikan diketahui bahwa bantuan rumah ibadah diberikan dalam bentuk barang, sementara dalam laporan pertanggungjawabannya diberikan dalam bentuk uang tunai. Artinya, tidak sesuai prosedur dan laporan pertanggungjawaban. (BACA JUGA : Kadis Pendidikan Konsel Kembalikan Dana Rp. 800 Juta Hasil Dugaan Korupsi)  
Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sultra AKBP Sunarto melalui Kepala Sub Bidang (Kasubbid) Penerangan Masyarakat (Penmas) Komisaris Polisi (Kompol) Muhadi Walam kepada awak zonasultra.com, Rabu (14/1/2015) mengatakan Walam telah mengembalikan uang negara tersebut namun tidak serta merta proses pidananya berhenti. (BACA JUGA : 
“Penyidik tipikor masih akan terus melakukan pengkajian terhadap peraturan terkait pengembalian uang negara itu. (Pengembalian) itu tidak serta merta berimplikasi pada keluarnya SP3 (Surat Perintah Penghentian Penyelidikan). Masih perlu pengkajian yang mendalam dari sisi Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 dan KUHAP, jangan sampai nantinya mentah semua,” jelas Muhadi.
Dugaan korupsi yang menyeret Walam bermula dari kucuran dana bansos yang diperuntukkan bagi 307 unit rumah ibadah di Konsel pada tahun anggaran 2009 silam. Total anggaran mencapai Rp 1,2 miliar. Belakangan diketahui, dana sebesar Rp 600 juta diduga diselewengkan yang melibatkan Walam, dimana saat itu dia menjabat sebagai Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah Konsel. (Awi)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free