Tampilan Desktop


Kapolda Sultra Himbau Masyarakat Waspadai Pendatang Baru
78 Dibaca

Kapolda Sultra Himbau Masyarakat Waspadai Pendatang Baru

Kuliah Umum – Kapolda Sultra Brigjen Pol Agung Sabar Santoso saat memberikan kuliah umum dihadapan para civitas akademika UHO di Auditorium Mokodompit UHO, Kamis (21/1/2016) siang. Gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), menjadi topik materi yang disampaikan Kapolda. (Jumriati/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Brigjen Pol Agung Sabar Santoso memberikan kuliah umum dihadapan para civitas akademika Universitas Halu Oleo (UHO) di Auditorium Mokodompit UHO, Kamis (21/1/2016) siang. Gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), menjadi topik materi yang disampaikan Kapolda.

Menurut Agung, situasi kamtibmas di Sultra relatif kondusif, tidak ada gangguan yang telalu menonjol. Bahkan tren gangguan pada 2015 lalu mengalami penurunan dibandingkan tahun 2014 hingga 1.000 kasus lebih.

Meski begitu, kata Kapolda, masyarakat Sultra tidak boleh lengah. Masyarakat dituntut untuk memiliki daya tanggap lebih terhadap berbagai ancaman yang kemungkinan timbul di tengah masyarakat.

“Kalau ada pendatang baru di sekitar kita tidak usah diintip-intip kegiatannya, tapi datangi saja langsung. RT, RW dan perangkat desa lainnya, mahasiswa, tokoh agama, tokoh masyarakat silahkan datangi langsung, tanya kegiatannya apa, identitasnya siapa,” kata Agung.

Terjaminnya kamtibmas di tengah masyarakat, kata Agung, tidak bisa lepas dari peran Bhabinkamtibmas. Bhabinkamtibmas, lanjut dia adalah garda terdepan kepolisian dalam menangkal adanya berbagai gangguan kamtibmas.

“Hanya dengan terjaminnya keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat, maka pembangunan suatu negara atau daerah bisa terjadi. Namun jika suatu daerah tidak kondusif maka jangan harap pembangunan akan berjalan dengan baik,” ungkap Agung.

Selain itu, generasi muda Sultra juga harus dipersiapkan dengan baik untuk menghadapi MEA. Jangan sampai dengan banyaknya serbuan tenaga asing para generasi muda Sultra justru menjadi pelayan di tanahnya sendiri. Karena tak mendapat pekerjaan, maka kemungkinan untuk melakukan tindak kejahatan sangat besar.

 

Penulis : Jumriati
Editor : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com