Tampilan Desktop



Kapolri Minta Semua Pihak Tetap Bangun Komunikasi Pasca Pilkada
247 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian meminta kepada seluruh pihak baik itu Polri, TNI maupun Pemerintah Daerah (Pemda) untuk tetap menjaga stabilitas keamanan di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra), menyusul pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di tujuh daerah.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian

Tito Karnavian

Meski terdapat dinamika di sejumlah daerah di Sultra, Tito melihat kondisi di Sultra masih relatif aman dan terkendali.

“Memang ada dinamika seperti di Buton, Bau-Bau dan Bombana, tapi relatif aman,” ungkapnya usai memberikan pengarahan kepada sejumlah personil polisi di Mapolda Sultra, Kamis (23/2/2017).

Tidak hanya itu, dalam proses penetapan suara yang saat ini tengah berlangsung, Tito meminta kepada pihak Polda Sultra dan seluruh jajaran Polres untuk terus mengawal pasangan calon (Paslon) Kepala Daerah hingga proses pelantikan dilaksanakan.

“Yang menang harus didekati jangan sampai euforia berlebihan sehingga merendahkan yang lain, yang merasa kalah atau yang dikalahkan saat ini kalau berkeberatan gunakan mekanisme hukum. Jangan gunakan cara cara anarkis, karena itu akan berhadapan dengan penegak hukum,”

Untuk itu, lanjut Tito, ia meminta kepada Kapolda, Kapolres dan segenap jajaran agar lebih intensif melakukan pendekan dengan masyarakat. Semua pihak, Polri, TNI, Pemda dan aparat pemerintah lainnya serta tokoh-tokoh masyarakat dan Parpol harus membangun komunikasi.

“Sehingga kita harapkan semua rangkaian pilkada sampai dengan pelantikan aman. Dan kita dari Polri Polda Sultra dan Polres, dapat mendukung langkah-langkah pembangunan di Sultra lebih baik.

Baca Juga : Kapolri: Saya ke Sultra untuk Belanja Masalah

Selain itu, Tito juga menghimbau kepada masyarakat, agar kembali bersatu setelah terbelah dalam memilih calon kepala daerah. Dirinya meminta kepada Pemda dan TNI Polri untuk membuat kegiatan yang mendinginkan suasana, seperti kegiatan keagamaan dan tablig bersama.

“Semua itu untuk satu menuju pembangunan yang lebih baik, kemudian juga saya minta jajaran Polri bersama TNI, Pemda jaga situasi yang sudah baik. Jangan sampe ada aksi aksi anarkis, kemudian yang menang jangan euforia karena ini bukan kemenangan kalian tapi kemenganan rakyat,” tukasnya. (A)

 

Reporter : Randi Ardiansyah
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free