Tampilan Desktop


Kasus Jetty Morosi, Penyidik Masih Akan Memeriksa Saksi Ahli
154 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Penyidik Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus memeriksa beberapa pihak yang dianggap mengetahui dan bertanggungjawab dalam kasus tindak pidana penggunaan pembangunan Jetty (dermaga khusus) di Morosi, Konawe milik PT Virtue Dragon Nikel Industry (VDNI).

Kasus Jetty Morosi, Penyidik Masih Akan Memeriksa Saksi Ahli

Ilustrasi

Kasubdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Sultra, AKBP Hartono mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menetapkan satu orang pun sebagai tersangka terkait kasus Jetty Morosi yang tak memiliki izin kesesuaian tata ruang, perubahan garis pantai, izin Kementerian Perikanan dan Kelautan, izin Pelabuhan di Perhubungan, izin lokasi, izin pembangunan dan lingkungan hidup berupa Amdal.

“Ah, belum ada tersangka kok, yang benar saja. Abdullah yang dari pihak syahbandar itu kemarin kita periksa sebagai saksi bukan sebagai tersangka. Kita juga sudah periksa pihak Dirjen Perhubungan sebagai saksi ahli, sisanya kita masih akan periksa sejumlah saksi sebelum akhirnya kita gelar perkara dan menetapkan tersangka,” kata Hartono, Kamis (7/1/2016).

Rencannya, dalam waktu dekat penyidik akan kembali melakukan pemeriksaan terhadap ahli perseroan dan ahli pidana. Jika terbukti bersalah, para terduga pelaku nantinya akan dijerat pasal tentang Undang-undang Pelayaran Nomor 17 tahun 2008 dengan ancaman penjara selama dua tahun dan denda Rp 300 juta.

Untuk diketahui, kasus ini mulai sidik polisi beberapa waktu lalu saat Gubernur Sultra, Nur Alam melakukan inspeksi mendadak (sidak) di dermaga PT.VDNI. Saat itu Nur Alam langsung meminta polisi untuk menghentikan aktivitas bongkar muat alat smelter di pelabuhan tersebut karena belum memiliki izin operasional dari Dirjen Perhubungan.

 

Penulis : Randi
Editor : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com