Tampilan Desktop



Kasus Pasien Ditelantarkan RSUD Palagimata, Ini Penjelasan Kadis Dinsoskertrans Baubau
52 Dibaca

Dalam keterangan persnya dengan sejumlah awak media, Selasa (27/1/2015), Zulkifli menjelaskan jika pihaknya telah dihubungi oleh pihak RS Palagimata terkait Laode Halimu, pasien yang saat ini dirawat

Dalam keterangan persnya dengan sejumlah awak media, Selasa (27/1/2015), Zulkifli menjelaskan jika pihaknya telah dihubungi oleh pihak RS Palagimata terkait Laode Halimu, pasien yang saat ini dirawat di rumah sakit terebut yang diduga terlantar dengan menindak lanjuti mengambil Laode Halimu sekitar tanggal 14 Januari lalu untuk mengantar dialamat sesuai permintaannya.

“Pada saat kami menanyakan Pak Laode Halimu dimana dia akan dibawa pulang, malah ia meminta dibawa saja di Pantai Kamali dekat pelabuhan pulau Makasar, dengan alasan ada keluarganya di seberang, namun karena di situ tidak ditemukan keluarganya jadi Kami berinisiatif untuk menitip dia di RSUD. Palagimata,” kata Zulkifli.

Zulkifli beralasan ia menitipkan Laode Halimu di RS karena  kesehatannya yang tidak memungkinkan disimpan di rumah singgah Dinsos Kota Baubau.

“Pastinya lebih aman di RS karena dia bisa dicek kesehatannya karena kondisinya yang tidak begitu sehat, jadi kami meminta kepada pihak RS untuk meminjamkan satu ruangan kosong. Laporan pihak RS, Pak Laode Halimu ini sempat beberapa kali mengamuk sambil mengayun-ayunkan tongkatnya sehingga mengganggu kenyamanan pasien lain,”  ungkapnya.

Sudah Kembali ke Keluarga

Kadinsos mengungkapkan Laode Halimu sempat meninggalkan RS tempat ia dititip tanpa sepengetahuan pihaknya maupun pihak RS. Namun belakangan ia kembali lagi tanggal 23 Jan ditempatnya semula. Pihak Dinsos pun berupaya mencari keluarganya yang mau menampung Laode Halimu hingga didapat saudaranya di Desa Wakangka, Kecamatan Kapuntori, Kabupaten Buton.

“Sempat beberapa keluarganya kami temui tapi tidak bersedia menampung, nanti bertemu kakak kandungnya di Wakangka baru mau menerima. Bahkan dari keterangan keluarga Laode Halimu ini dianggap sudah meninggal karena sudah sepuluh tahun tinggalkan kampung tanpa kabar berita,” ujarnya.

Setelah pihak keluarga bersedia menampung Laode Halimu, Senin 26 (1/2015) petugas Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Baubau didampingi perwakilan dari RSUD Palagimata telah mengantarkan pasien tersebut untuk berkumpul lagi dengan keluarganya.

“Surat berita acara serah terima Laode Halimu ke keluarganya ada dan ditandatangani langsung oleh keluarga yang bersangkutan,” kata Zulkifli. (Petty Hatma)

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free