Tampilan Desktop


Kasus Perambahan Hutan Puu Lemo Tunggu Saksi Ahli
79 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polres Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra), masih menunggu keterangan saksi ahli dalam penyidikan kasus perambahan kawasan hutan oleh masyarakat di desa Puu Lemo, Kecamatan Baula.

Kepala Satuan Reskrim Polres Kolaka, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Denis Arya Putra menjelaskan, terkait perkara tersebut, pihaknya telah memeriksa tiga orang saksi yang diduga mengetahui seluk beluk status perambahan kawasan hutan itu. Namun dari tiga orang saksi yang diperiksanya itu, Denis belum bisa menyimpulkan apakah lahan tersebut masuk dalam kawasan hutan atau tidak.
 
“Kita masih tunggu saksi ahli untuk melakukan overlay (pemetaan) di kawasan itu. Kita tidak bisa langsung menetapkan tersangka begitu saja. Apalagi ini kasus kehutanan yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat. Saksi ahli kita nanti akan menentukan apakah itu kawasan hutan lindung atau bukan,” jelasnya.

Dikatakan Denis, kasus dugaan perambahan hutan memang pernah ditangani oleh Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten Kolaka. Kini, perkara itu mulai masuk dalam ranah penyidikan polisi sejak bulan ini. Itu dibuktikan dengan adanya surat perintah penyidikan reskrim Polres Kolaka, sejak tanggal 4 Juni lalu.
 
“Tapi kami tidak mengambil alih penyidikannya. Kasus ini ditangani bersama dengan Dishut Kolaka. Nanti kita akan bentuk tim bersama Pemda Kolaka untuk menuntaskan perkara ini,” kata Denis melalui telepon selulernya, Minggu pagi (28/06/2015).
 
Peristiwa perambahan kawasan hutan di Desa Puu Lemo, Kolaka memang sudah lama terjadi. Hasil penyelidikan yang dilakukan Polres Kolaka diketahui, terdapat 24 titik perambahan dalam  kawasan tersebut.

“Kita belum tau berapa luasannya. Tapi ada 24 titik perambahan yang kita temukan, diperkirakan ada ratusan hektar tanah kawasan sudah ditanami cengkeh yang usianya sekitar lima tahun,” tukasnya. (***/Saban)

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com