Kasus Suap Umar Samiun, KPK Periksa Mantan Calon Bupati Banggai Laut

0
Umar Samiun Terancam Kehilangan Hak Pilih dalam Pilkada Buton
Febri Diansyah

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan calon Bupati Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah (Sulteng), Sofyan Kaepa untuk tersangka suap Bupati Buton terpilih Samsu Umar Abdul Samiun, Kamis (23/3/2017) hari ini. Sofyan akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap kepada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar.

Umar Samiun Terancam Kehilangan Hak Pilih dalam Pilkada Buton
Febri Diansyah

“Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SUS (Samsu Umar Abdul Samiun),” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Kamis (23/3/2017).

Ia sendiri belum dapat memastikan secara spesifik hubungan Sofyan Kaepa dengan Umar Samiun yang kini tengah berada di Rumah Tahanan (Rutan) KPK Cabang Pomda Jaya Guntur, Jakarta Timur. “Nanti saya kroscek informasi tersebut,” pungkasnya kepada awak Zonasultra.com.

Sebagai informasi bahwa Sofyan Kaepa merupakan kandidat calon bupati Banggai Laut, berpasangan dengan Trin Lulumba pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015 lalu. Namun, pasangan calon (paslon) bupati nomor urut 2 ini kalah dengan paslon Weny Bukamo dan Tuty Hamid yang saat ini menjadi Bupati dan Wakil Bupati Banggai Laut, Sulteng.

(Berita Terkait : KPK Panggil Tersangka Suap Umar Samiun)

Dalam Pilkada Banggai 2015, Sofyan Kaepa diusung oleh PAN, partai yang juga merupakan partai pengusung Umar Samiun dalam Pilkada Kabupaten Buton tahun 2011 maupun tahun 2017. (A)

 

Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Jumriati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here