Tampilan Desktop

Kawal Kedaulatan NKRI, Kodim 1417 Kendari Gelar Sosialisasi Perspektif Ancaman Indonesia
47 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Komando Distrik Militer (Kodim) 1417 Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar sosialisasi Perspektif Ancaman Indonesia. Dalam sosialisasi yang dihadiri oleh Kepala BIN Daerah (Kabinda) dan Komandan Korem 143/Halu Oleo ini dijelaskan saat ini ada empat permasalahan yang dapat menjadi ancaman bagi Indonesia, seperti isu sumber daya alam, isu lingkungan hidup, terorisme dan pelanggaran HAM.

ilustrasi nkri

Ilustrasi

Komandan Kodim 1417 Kendari, Letkol Kav Eko Hermawan mengatakan, fenomena-fenomena yang terjadi dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir itu tidak boleh diabaikan. Hal itu disebabkan wilayah Indonesia, terdapat banyak sumber daya alam yang akan menjadi kecemburuan sosial bagi negara lain.

Dengan hal tersebut, juga banyak dipengaruhi oleh aspek-aspek kehidupan bangsa, serta mempengaruhi kedaulatan wilayah Indonesia.

“Sehingga ini merupakan perintah dari Presiden untuk memberikan sosialisasi. Artinya menduplikasi ide-ide gagasan dan hasil analisis-analisis yang bersifat strategis. Yang juga bisa digagas oleh warga negara kita semuanya,” tuturnya, Jumat (11/11/2016).

Karena, lanjutnya, tidak menutup kemungkinan masyarakat sudah banyak yang menjadi korban dari sebuah agenda globalisasi.

“Oleh karena itu Panglima TNI di bawah perintah Presiden, menganggap sosialisasi ini adalah langkah yang strategis. Dalam rangka mengawal kedaulatan negara kesatuan ini, itu yang esensi kegiatan ini,” ujarnya.

Dia pun berharap dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat dapat menyikapi dengan baik dan tidak terpancing terhadap isu-isu yang bersifat menghasut atau profokatif.

“Karena kita bisa terjebak dalam situasi yang tidak menguntungkan, dalam arti terjadinya konflik, gesekan yang dapat mengancam kestabilitas nasional,” tutupnya. (A)

 

Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com