Tampilan Desktop


Ke Muna, Tina Nur Alam Bagi-Bagi Bantuan Alat Tenun
263 Dibaca

ZONASULTRA, COM, RAHA– Anggota Komisi VI DPR-RI, Asnawati Hasan atau yang lebih kenal Tina Nur Alam, memperlihatkan bentuk perhatiannya terhadap kelestarian tenun tradisional di Sulawesi Tenggara (Sultra). Selasa (15/12/2015), Tina yang juga menjabat Ketua Dewan Kerajinan nasional daerah (Dekranasda) Sultra ini, membagi-bagikan ‎bantuan kepada kelompok pengrajin tenun di Desa Masalili, Kecamatan Loghia, Kabupaten Muna.

Bantuan berupa 20 unit mesin jahit, mesin obras, mesin pelubang kancing dan perlengkapan jahit menjahit.

“Kabupaten Muna merupakan salah satu daerah di Sultra yang telah menjadi binaan Dekranasda Sultra, serta memiliki para penenun yang mahir dan kreatif, “terangnya.

‎Menurut dia, para penenun perlu diberikan perhatian, apresiasi dan motivasi agar para penenun yang ada di kabupaten Muna bisa lebih produktif dan kreatif. Bantuan yang diserahkan, kata istri Gubernur Sultra Nur Alam ini, merupakan peralatan yang dibutuhkan oleh para pengrajin. 17 kabupaten dan kota di Sultra, lanjut Tina, semua mendapat bantuan dengan jenis bantuan yang berbeda-beda, sesuai kebutuhan penenun.

“Penenun ini tidak hanya sebatas menghasilkan kain tenun dan menjualnya, tapi melainkan dapat juga menjahit sendiri hasil tenunannya menjadi sebuah produk yang dibutuhkan oleh pasar saat ini, terlebih tenun tradisional Muna sudah sampai ke pasar international, “ungkapnya.‎

Sementara itu, Pj Bupati Muna, Drs Muh Zayat Kaimoeddin menyambut positif bantuan yang diberikan oleh anggota Komisi VI DPR RI ini. Dia berharap, bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi tenun di Kabupaten Muna, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat Muna.

“Kita berharap bantuan ini juga bisa memberi motivasi dan semangat bagi para pengrajin tenun, untuk terus melestarikan budaya tenun kita di Kabupaten Muna,”tandas Zayat.

 

Penulis : Lily
Editor : Kiki

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com