Tampilan Desktop



Kecamatan Kolono Dijadikan Sentra Pelayanan Ikan
84 Dibaca

Kecamatan Kolono Dijadikan Sentra Pelayanan Ikan

SURAT PERJANJIAN – Bupati Konsel Surunuddin Dangga bersama Direktur Utama Perum Perindo, Syahril Japarin saat melakukan penandatanganan surat perjanjian pinjam pakai tanah milik Pemda Konsel dengan Perindo yang terpusat di Desa Puupi kecamatan Kolono. (Erik Ari Prabowo/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM,ANDOOLO – Kecamatan Kolono, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menjadi pusat sentra pelayanan ikan untuk wilayah tersebut. Pencananangan itu sesuai penandatanganan kerja sama (MoU) antara Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dengan Perusahan Umum (Perum) Perikanan Indonesia (Perindo) pada 2 Desember 2016 lalu,

Bupati konsel Surunuddin Dangga mengungkapkan, langkah awal pelaksanaan MoU tersebut, Pemda menyerahkan lahan seluas 10 hektar, eks mutiara yang akan dimanfaatkan sebagai pilot projek pelaksanaan industri perikanan oleh Perum Perindo.

“Kolono kita gagas jadi kawasan sentra penghasilan perikanan, supaya ini bisa meningkatkan ekonomi. Saya minta kepala desa untuk memaksimalkan sejumlah warganya untuk mendukung program ini,” kata Surunuddin Dangga dalam sambutanya di kecamatan Kolono, kamis (9/2/2017).

Sementara itu, Direktur Utama Perum Perindo, Syahril Japarin mengungkapkan, pihaknya akan melakukan kajian tentang potensi secara umum, baik di bidang budi daya perikanan darat maupun perikanan laut.

“Kita akan sertakan tenaga ahli bidang budi daya perikanan untuk mengkaji secara tepat bidang usaha yang akan dilaksanakan dalam skala industri untuk ekspor,” terangnya.

Syahril mengapresiasi potensi perikanan yang dimiliki oleh kabupaten Konsel, dengan demikian dalam rangka menindaklanjuti dari program yang diamanahkan Menteri kelautan, Susi puji Astuti, pihak segara membuat perikanan Indonesia jauh lebih besar.

“Hal ini adalah upaya untuk menindak lanjuti perintah mentri kelautan, tentu harus ada lompatan kinerja lebih besar, sehingga tawaran bupati konsel ini, dapat mempercepat harapan kami,” tutup Syahril. (B)

 

Reporter : Erik Ari Prabowo
Editor : Kiki

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free