Tampilan Desktop


Kejari Cium Aroma Dugaan Korupsi Pengadaan Bibit Cengkeh di Dinas Perkebunan Kolaka
263 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KOLAKA– Dugaan korupsi dalam proyek pengadaan 150 ribu bibit cengkeh di Dinas Perkebunan Kolaka mulai dilirik Kejaksaan Negeri (Kejari) Kolaka.

Kepala Kejari Kolaka, Jefferdian mengatakan dirinya sudah meminta Kepala Seksi Intelejen Kejari Kolaka, Karimudin untuk memantau hasil implementasi proyek tersebut.

Kejari Cium Aroma Dugaan Korupsi Pengadaan Bibit Cengkeh di Dinas Perkebunan Kolaka

Ilustrasi

“Saat ini Kasi Intel sedang keluar daerah. Tapi saya sudah perintahkan dia untuk pantau proyek itu,” ungkap Jefferdian di ruang kerjanya, Kamis (7/1/2016) sore.

Menurutnya, proyek pengadaan bibit cengkeh itu memang rawan terjadi penyelewengan anggaran daerah. Sebab, mekanisme penyalurannya juga tidak dapat dipantau hingga ke setiap penerima bantuan.

“Pengadaan bibit itu dipihak ketigakan. Selain itu, penyalurannya juga hanya sampai kepada ketua kelompok tani. Jadi dari ketua kelompok ke petani ini jalur distribusinya tidak bisa dipantau,” jelasnya.

Proyek pengadaan bibit cengkeh di instansi Dinas Perkebunan Kabupaten Kolaka mulai mendapat sorotan publik setelah adanya keluhan petani karena jumlah bibit yang diterima tidak seperti jumlah yang dijanjikan sebelumnya.

Informasi yang dihimpun media ini, salah seorang petani cengkeh di Kecamatan Tanggetada yang tak mau disebutkan namanya mengaku, untuk mendapat bibit itu dia harus membayar Rp.20 ribu per pohon. Padahal, bibit itu dibagikan secara cuma-cuma, karena dibiayai melalui APBD Kolaka tahun 2015.

Proyek pengadaan bibit cengkeh di Kolaka dimulai sejak tahun 2015, dengan target 1000 hektar kepada 100 orang petani cengkeh.

Dari 150 ribu bibit yang disiapkan, Pemda Kolaka merinci, seharusnya setiap petani mendapatkan bantuan bibit sejumlah 150 pohon per hektar.

Namun dalam implementasinya, ternyata setiap petani hanya mendapatkan 50 pohon bibit cengkeh untuk setiap satu hektar lahan yang dimilikinya.

 

Penulis : Abdul Saban
Editor : Rustam

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com