Tampilan Desktop

Kelebihan Muatan, Kapal Terbalik di Perairan Butur
71 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Sebuah kapal kayu yang memuat 22 orang, terbalik di perairan Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra). Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, penumpang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 8 perempuan diselamatkan oleh tim gabungan dari Satuan Pol Air Polda Sultra dan Polsek Kolono. Namun tujuh unit sepeda motor tenggelam, sedangkan lima unit motor lainnya berhasil diselamatkan.

Kapal kayu yang belum diketahui gross ton itu dikabarkan kelebihan muatan. Mereka berlayar dari Pelabuhan Siwa, Butur menuju Pelabuhan Rumba-Rumba, Kecamatan Kolono Timur, Kabupaten Konawe Selatan.

Kecelakaan laut di tengah arus balik Lebaran itu, terjadi pada Minggu (19/7/2015) sekitar pukul 12.00 Wita. Kejadian ini sempat menghebohkan warga setempat.

“Kapal yang dari Labuan Siwa Kabupaten Buton Utara menuju Pelabuhan Rumba-Rumba Konsel terbalik. Hal itu dikarenakan kelebihan muatan, jika kita perhatikan muatan yang berat-berat seperti motor itu sebagian disimpan di atas tenda kapal sehingga bagian atasnya berat dan begitu ombak dan angin datang kapal itu terbalik,” Kata Amirul salah seorang warga yang melihat kejadian tersebut, Selasa (21/7/2015).

Dia menduga, sepertinya ada pembiaran keberangkatan kapal itu oleh pihak pelabuhan di Butur, karena kapal tersebut melewati batas maksimal muatan yang harus dibawanya.

“Jadi kalau kapal dari pelabuhan sini pihak Dinas Perhubungan (Dishub) bersama pihak kepolisian selalu mengecek kapal yang hendak berangkat dengan muatan motor maksimal 7 unit. Namun dari Pelabuhan Labuan Siwa (Butur) itu tidak ditahu dan kapal yang terbalikpun berasal dari Butur,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Kepolisian Resort (Polres) Konsel, AKP Ilham Indarmawan membenarkan adanya kecelakaan laut yakni kapal kayu dari Pelabuhan Laeya Kecamatan Wakorumba Utara, Kabupaten Butur dengan tujuan Pelabuhan Rumba-Rumba Kecamatan Kolono Timur Kabupaten Konsel.

Selain itu, kata Ilham ada sebanyak 12 unit kendaraan roda dua (motor) milik penumpang yang dimuat oleh kapal tersebut.

“Penumpang selamat semua sementara motor sebanyak 5 unit diselamatkan dan 7 unit jatuh tenggelam dilaut,” jelasnya saat dikonfirmasi via SMS oleh awak Zonasultra.com.

Disamping itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Konsel, Armansyah yang dihubungi via seluler mengatakan belum mengetahui secara pasti kejadian tersebut. Meski demikian, pihaknya selalu mewaspadai jangan sampai kecolongan yang menyebabkan kapal terbalik atau tenggelam.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com