Tampilan Desktop


Kemarau, Persediaan Pakan Ternak di Bombana Menipis
16 Dibaca

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Kemarau panjang yang melanda wilayah Sulawesi Tenggara beberapa bulan terakhir ternyata berimbas pada persediaan pakan ternak sapi berupa rumput segar yang nyaris habis akibat kekeringan.

Para peternak sapi di wilayah Poea, Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai mengeluhkan persediaan rumput segar untuk makanan ternak mereka yang semakin hari semakin menipis. Isa (25) misalnya, sebelum kemarau rumput di kebun miliknya sangat, tetapi saat ini semuanya sudah berubah menjadi kering.

“Rumput disini semakin lama semakin kering, biasanya sebelum kemarau kita susah masuk di kebun ini karena banyaknya rumput yang mengelilingi tetapi sekarang sudah kering semua. Sapi kami susah dapat rumput segar”, ujarnya, Senin (26/10/2015).

Selain rumput lanjutnya, air di pegunungan juga semakin lama semakin kering hingga mereka kesulitan untuk memberikan ternak mereka minum yang cukup.

“Kita biasa pakai air ledeng yang disambung di gunung tapi sekarang sudah makin kurang karena mulai kekeringan, air pam juga tidak sampai di sini (kebun),” ujar Isa.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com