Kembangkan Budaya Literasi, Dinas Pendidikan Konsel Jalin Kemitraan dengan DDMP

0
Kembangkan Budaya Literasi, Dinas Pendidikan Konsel Jalin Kemitraan dengan DDMP
Busnawir - Kepala Dinas PK Konsel

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Konawe Selatan (Konsel) menjalin kemitraan dengan Dompet Duafa Makmal Pendidikan (DDMP) dalam mengembangkan budaya literasi di tingkat sekolah dasar.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PK Konsel Busnawir mengatakan DDMP akan melakukan pendampingan di enam sekolah di Kecamatan Tinanggea untuk pengembangan program sekolah literasi Indonesia yang merupakan program nasional sehingga ada juga gerakan literasi sekolah.

Kembangkan Budaya Literasi, Dinas Pendidikan Konsel Jalin Kemitraan dengan DDMP
Busnawir – Kepala Dinas PK Konsel

Pengembangan sekolah literasi Indonesia bertujuan untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis di setiap sekolah dasar karena berdasarkan hasil survey, budaya membaca dan menulis masih sangat rendah.

“Ini yang digalakkan sekarang supaya anak anak sekolah bisa gemar menulis, membaca, mengarang,” kata Busnawir saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (9/2/2017)

Dia juga mengatakan tujuan inti dari kemitraan itu ada dua yakni mengembangkan kompetensi guru dan kepala sekolah, kemudian untuk mengembangkan budaya literasi.

Busnawir menjelaskan, untuk kompetensi guru yakni bagaimana meningkatkan kemampuan guru dalam merancang proses pembelajaran berdasarkan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, inofatif dan menyenangkan.

Pendampingan DDMP di enam sekolah di Konsel itu akan dilaksanakan selama satu tahun dengan membantu secara suka rela dengan biaya sendiri, Dinas PK Konsel hanya memfasilitasi dan mengkoordinasikan sekolah yang akan dilaksanakan pendampingan.

“Mereka hanya butuhkan koordinasi dengan kita, kita hanya diminta fasilitasi mereka dan berikan dukungan moril kepada sekolah supaya mereka welcome ketika pendampingan dilaksanakan,” lanjut Busnawir.

“Pemilihan sekolah tidak langsung ditunjuk tetapi berdasarkan evaluasi dari seluruh kecamatan, hasil dari itu menunjukan bahwa di Tinangea yang memungkinkan untuk dilakukan pendampingan,” lanjutnya.

Berdasarkan hasil evaluasi, enam sekolah yang akan mendapatkan pendampingan dari DDMP yakni SDN 8 Tinanggea, SDN Satap 10 Tinanggea, SDN 10 Tinanggea, SDN 14 Tinanggea, SDN 2 Tinanggea, dan MI Raudatul Jannah. (B)

 

Reporter : Erik Ari Prabowo
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here