Kembangkan Wisata Labengki, Pemda Konut Bakal Revitalisasi Rumah Penduduk

Kembangkan Wisata Labengki, Pemda Konut Bakal Revitalisasi Rumah Penduduk, wisata labengki
WISATA LABENGKI - Perkampungan Bajo di Desal Labengki Kabupaten Konawe Utara, Sukawesi Tenggara. Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Utara (Konut) menegaskan akan merevitalisasi pemukiman rumah penduduk di Desa Labengki. (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

Kembangkan Wisata Labengki, Pemda Konut Bakal Revitalisasi Rumah Penduduk, wisata labengki WISATA LABENGKI – Perkampungan Bajo di Desal Labengki Kabupaten Konawe Utara, Sukawesi Tenggara. Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Utara (Konut) menegaskan akan merevitalisasi pemukiman rumah penduduk di Desa Labengki. (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, LABENGKI – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Utara (Konut) menegaskan akan merevitalisasi pemukiman rumah penduduk di Desa Labengki. Hal ini senada dengan program pemerintah untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di desa tersebut.

“Pak Bupati sudah bilang akan merevitalisasi rumah penduduk, bukan berarti merevitalisasi yang terdengar itu adalah ancaman-ancaman akan mengusir masyarakat yang disini, tidak,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Konawe Utara (Konut) Yade Riyanto saat acara sosialisasi pengembangan wisata yang digelar di Balai Desa Labengki, Sabtu (16/9/2017) malam.

Riyanto mencoba meyakinkan warganya agar isu-isu penggusuran tidak diterima mentah-mentah. Revitalisasi tersebut semata-mata untuk kepentingan masyarakat Labengki agar memanfaatkan potensi wisata sebagai penggerak ekonomi rakyat.

“Masyarakat disini akan diusir nanti kemudian dijadikan objek wisata, tidak betul itu! Tidak ada pemerintah yang mau menyusahkan warganya, tidak ada pemerintah yang membodoh-bodohi masyarakatnya,” tegas Riyanto.

Ia pun berkomitmen bahwa Pemda Konut akan memikirkan yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat Labengki. Terlebih lagi Pemda Konut akan menggelar Festival Bajo Internasional pada tahun 2019 nanti.

“Nanti akan ada Festival Bajo Internasional karena ada program Bupati Visit Konut yang endingnya nanti di tahun 2019,” pungkasnya.

Desa yang masuk kabupaten Konut ini memang memiliki potensi wisata alam yang indah dan luar biasa. Dari Labengki, para wisatawan dapat mengunjungi Pulau Sombori yang merupakan miniatur Raja Ampat di Papua. (B)

 

Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here