Tampilan Desktop


Kembangkan Wisata Sultra, FPIK UHO-DKP Gelar Ekspedisi Pulau
80 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) serta WWF Indonesia, akan menggelar ekspedisi pulau untuk mengenalkan berbagai potensi pulau-pulau yang ada di provinsi tersebut, baik dari sektor perikanan maupun pariwisata.

Pemprov Sultra Komitmen Kembangkan Pulau Bokori

Pulau Bokori

Dekan FPIK UHO La Sara mengatakan, Sultra memiliki banyak pulau yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi kawasan pariwisata ataupun sentra produksi hasil laut. Hanya saja, kata dia, selama ini tidak pernah dimaksimalkan. Jika pun dikelola, gaungnya masih kalah dengan pulau-pulau lainnya yang lebih dulu dikenal masyarakat luas. Salah satunya Wakatobi.

“Pulau-pulau ini akan jadi penguat potensi pariwisata di Sultra. Jangan hanya Wakatobi, harus ada alternatif lain. Masih banyak kok pulau-pulau kita yang lain seperti Pulau Bokori, Pulau Saponda dan Pulau Hari,” jelas La Sara, Jumat (19//2/2016).

Ekspedisi ini, lanjut mantan Wakil Rektor Bidang Akademik UHO ini, akan menunjukkan pulau mana saja yang bisa dikunjungi ketika wisatawan tidak bisa ke Wakatobi.

“Jalurnya di mana, berapa jam perjalanannya. Untuk mencapai pulau tesebut kita harus gunakan transportasi apa. Hal-hal seperti itu yang akan kita gali dalam ekspedisi ini,” terangnya.

Jika tak ada halangan, kata La Sara, eksepedisi ini akan dimulai pada akhir Februari mendatang setelah cuaca mendukung. Pulau yang akan menjadi tujuan pertama adalah Pulau Bokori.

Dalam ekspedisi ini, FPIK UHO menyediakan sumber daya manusia, sementara DKP Sultra dan WWF masing-masing menyiapkan bahan bakar dan kapal.

 

Penulis : Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com