Tampilan Desktop



Kemdikbud: Tidak Ada Paksaan UN Sistim Berbasis Komputer
44 Dibaca

Kepala Bidang Penilaian Akademik Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Suprananto mengatakan, meski U

Kepala Bidang Penilaian Akademik Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Suprananto mengatakan, meski UN CBT telah resmi dilaksanakan pada tahun ini namun tidak ada paksaan bagi sekolah yang belum siap. Apalagi jika harus melakukan pengadaan komputer yang membebani orang tua siswa dengan berbagai pungutan.
Meski begitu, kata Suprananto, sekolah yang belum siap melaksanakan ujian CBT sudah bisa melakukan persiapan mulai sekarang sekaligus melakukan sosialisasi kepada peserta didik dengan menggunakan sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah.
“Sosialisasinya tidak harus menggunakan komputer yang banyak tetapi maksimalkan saja komputer yang ada. Dan sosialisasinya sudah harus dijalankan sekarang, jangan tunggu mendekati ujian nasional baru melakukan sosialisasi. Soal komputer yang kurang yah lakukan pengadaan secara bertahap jangan sekaligus,” terang Suprananto saat melakukan sosialisasi ujian nasional di Kendari, Jumat (20/3/2015).
Sementara itu metode yang akan digunakan saat CBT nanti adalah semi-online. Artinya, ujian dilayani dengan server lokal, tetapi soalnya disinkronisasi dengan server pusat beberapa hari sebelum jadwal UN dimulai.
Metode ini seperti dikutip dari laman kemdiknas.go.id, dinilai lebih aman karena tidak terhubung langsung dengan jaringan, sehingga mencegah peretas masuk dan meminimalisasi terjadinya gangguan jaringan. Pihaknya juga menggunakan costum browser yang mengunci aplikasi atau jendela browser lainnya, sehingga peserta UN hanya akan dihadapkan pada soal ujian di layar komputer.
UN SMA/sederajat dengan CBT dilaksanakan selama enam hari, dimulai pada 7 April 2015 mendatang. UN CBT ini dilaksanakan lebih awal dibandingkan UN manual dengan menggunakan lembar jawaban ujian nasional (LJUN) atau paper based yang akan dilaksanakan mulai 13 April Mendatang. (Jumriati)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com