Kemenag Sultra Dukung Kurikulum Pembelajaran Robotik di Madrasah

ilustrasi kurikulum
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) mendukung seluruh sekolah madrasah di Sultra untuk mengembangkan kurikulum pembelajaran di bidang robotik.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sultra Mansur mengatakan, sekolah madrasah harus mampu menjawab tantangan revolusi industri (4.0) saat ini, utamanya pada bidang robotik. Ini penting agar generasi penerus tidak ketinggalan zaman.

Ia menjelaskan, madrasah tidak hanya memiliki tanggung jawab terkait pendidikan agama dan moral, tetapi juga bertanggung jawab terhadap teknologi. Sekolah Islam harus merespon perkembangan zaman dengan cara yang kongkrit.

“Berkiprah pada bidang robotik dengan basis artificial inteligent atau kecerdasan buatan merupakan sebuah solusi,” kata Mansur saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (7/11/2018).

Kanwil Kemenag sendiri juga memiliki visi yang sangat kuat tentang pengembangan ilmu robotik, sehingga pihaknya memberikan bantuan berupa fasilitas dan mengadakan event-event terkait hal tersebut.

“Kita tidak bisa pungkiri di zaman milenial ini semua sendi kehidupan tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi. Jadi nilai pendidikan harus bisa ditingkatkan dan tidak boleh terisolasi,” tutupnya.

Untuk saat ini, madrasah yang mulai menggagas mata pelajaran robotik adalah MTSn 1 Kendari. Ini setelah sekolah tersebut masuk sebagai pemenang ke-20 dalam lomba robotik nasional yang berlangsung di Depok, Jawa Barar. Lomba itu diikuti 300 peserta robotik dari seluruh Indonesia. (B)

 


Kontributor : Sri Rahayu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib