Tampilan Desktop



Kemendesa Ajak Pemkab Butur Perkuat Sinergitas dengan Desa
57 Dibaca

Kemendesa Ajak Pemkab Butur Perkuat Sinergitas dengan DesaRAPAT KERJA – Bupati Butur, Abu Hasan membuka rapat kerja dengan para camat, lurah, kepala desa, BPD, dan LPM se-Kab Buton Utara di Aula BAPPEDA, Rabu (2/8/2017). Dalam rapat itu disepakati, pertanian menjadi sektor unggulan di daerah itu. (Foto Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Direktur Pembangunan Sarana Dan Prasarana Desa Direkrorat Jenderal Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal, dan Transnigrasi (DPDTT) Gunalan mengajak pemerintah daerah Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk memperkuat sinergitasnya dengan pemerintah desa di daerah itu.

Sebab, Pemerintah Daerah (Pemda) maupun desa tentu memiliki program kerja masing-masing. Namun dengan adanya program prioritas yang telah ditetapkan oleh Pemda setempat, Gunalan menilai, dukungan pemerintah desa terhadap program itu sangatlah penting.

“Jika pak bupati sudah menetapkan program prioritas di daerah, maka desa wajib mendukung program pak bupati tersebut,” kata Gunalan, saat menghadiri rapat kerja dengan para camat, lurah, kepala desa, BPD, dan LPM se-Kab Buton Utara di Aula BAPPEDA, Rabu (2/8/2017).

Namun demikian, kata Gunalan, bukan berarti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak perlu lagi memberikan dukungan kepada desa. Menurutnya, OPD yang berkaitan dengan desa pun dapat memberikan dukungan berupa penyelarasan program, sebagaimana yang telah dilakukan di daerah lain.

“Saya sudah melihat di Propinsi Lampung, mereka bersinergi antara OPD, camat dan kepala desa melakukan penyelarasan anggaran dengan saling mensupport,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Butur Abu Hasan mengungkapkan, dirinya sangat menginginkan terbangunnya sinergitas di daerahnya. Ia memandang, bahwa desa adalah ujung tombak pembangunan daerah.

“Saya berharap, agar ada sinergitas dan sinkronisasi antar SKPD, camat, kades, dan lurah. Kalau desa terbangun dengan bagus, maka Insyaa Allah kecamatan akan terbangun dengan bagus, demikian juga kabupaten,” kata Abu Hasan. (A)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Abdul Saban

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free