Kemenkes Segera Distribusi Dua Dokter Spesialis di Bombana

146
Kemenkes Segera Distribusi Dua Dokter Spesialis di Bombana
KEMENKES RI - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) segera mendistribusikan dua dokter spesialis di Kabupaten Bombana. Hal itu diketahui dari hasil survey tim Kemenkes di RSUD Bombana, Selasa (26/2/2019). (MUHAMMAD JAMIL/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) segera mendistribusikan dua dokter spesialis di wilayah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra). Dua dokter spesialis itu rencananya akan ditugaskan di RSUD Bombana.

Ketua Tim Visitasi Penempatan Dokter Spesialis Kemenkes, dr. Sri Wahyu Ningsih mengatakan, dua dokter yang bakal ditempatkan di wilayah Bombana yakni dokter spesialis ahli bedah dan anestesi. Dua dokter tersebut merupakan bagian dari lima dokter spesialis yang diusulkan dinas kesehatan setempat. Tiga lainnya adalah dokter kebidanan, dokter anak, dan dokter penyakit dalam.

“Kemenkes punya program pendistribusian dokter di beberapa daerah di Indonesia dan salah satunya di daerah Bombana. Sebelum ditempatkan, kami periksa dulu. Nah, setelah kami melakukan survey di RSUD Bombana, kami nyatakan sarana dan prasarana kebutuhan dua dokter ini cukup layak untuk penempatannya,” kata Sri Wahyu Ningsih di Rumbia, Selasa (26/2/2019).

(Baca Juga : Gandeng Poktan, Dandim 1413 Buton Tanam Padi Perdana di Bombana)

Dijelaskan, ada beberapa kriteria kelayakan pendistribusian dokter di RSUD Bombana yakni ketersediaan rumah sakit, ruang operasi, jumlah kasus penyakit yang cukup banyak, dan butuh penanganan dokter spesialis.

Sri Wahyu berharap dokter yang didistribusikan di daerah ini mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Proses pendistribusian dokter spesialis di Bombana sendiri sudah yang ke-12 kali sejak tahun 2017.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bombana, dr. Sunandar mengapresiasi hadirnya tim visitasi Kemenkes di daerah itu. Kata dia, pihaknya tak henti mencari solusi terhadap peningkatan aspek kesehatan masyarakat guna mewujudkan program daerah melalui gembira sehat.

“Tentu dengan hadirnya dua dokter spesialis ini kasus-kasus penyakit yang membutuhkan penanganan bedah dan anestesi di Bombana bisa secapatnya tertangani dengan baik dan cepat,” ujarnya. (b)

 


Kontributor: Muhammad Jamil
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib