Tampilan Desktop


Kemenpan Dorong Pemprov Sultra Lakukan Inovasi Pelayanan Publik
107 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mendorong instansi pemerintahan di Sulawesi Tenggara (Sultra), baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota untuk memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat.

Kemenpan Dorong Pemprov Sultra Lakukan Inovasi Pelayanan Publik

Mirawati Sudjono

Salah satu langkah untuk mewujudkan hal itu adalah dengan melakukan inovasi pelayanan publik.

Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Mirawati Sudjono mengatakan, setiap instansi pemerintah kini dituntut untuk mampu melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Pasalnya, pelayanan publik yang baik akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, setiap instansi pemerintah, baik yang ada di provinsi maupun di kabupaten/kota harus mampu menciptakan sebuah inovasi pelayanan publik.

Pelayanan publik yang baik, kata dia, akan tercermin dalam sistem pelayanan yang diberikan yaitu mudah, cepat, tepat dan murah.

“Pengurusan akte kelahiran, kartu keluarga, KTP, perpanjangan SIM, pengurusan IMB dan izin-izin lainnya semuanya harus dimudahkan, dipercepat. Jangan ngurus akte kelahiran kok sampai seminggu lamanya,” kata Mirawati saat menjadi pembicara dalam acara Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik yang digelar Biro Organisasi Setda Sultra di Aula Kantor Gubernur, Selasa (2/2/2016).

Menurut dia, pola pikir dalam memberikan pelayanan juga harus diubah. Dari sistem manual menjadi sistem database. Dia mencontohkan, jika ada pasien dari kabupaten lain yang berobat di rumah sakit di Kendari, tidak usah mengisi data diri lagi, tinggal meminta data dari rumah pihak rumah sakit tempat pasien berobat sebelumnya.

Inovasi publik, kata dia, tidak harus selalu berpatokan pada sistem pelayanan satu pintu, rumah sakit ataupun berbasis teknologi. Tapi lebih kepada pelayanan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat.

“Ada inovasi publik di Aceh Singkil itu memadukan bidan dan dukun kampung untuk menyelamatkan nyawa ibu dan bayi. Dukun kampung kan tidak pakai teknologi,” ungkap dia.

Sosialisasi ini dihadiri oleh para bupati, pj bupati, sekda, pimpinan SKPD dan pejabat lainnya se-Sultra.

 

Penulis : Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com