Tampilan Desktop



Kementerian Pariwisata Dukung Pengembangan Wisata di Kawasan Teluk Bone
40 Dibaca

Kementerian Pariwisata Dukung Pengembangan Wisata di Kawasan Teluk Bone

FGD PENGEMBANGAN TELUK BONE – Kasubid Kawasan Pariwisata Terpadu, Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Kementrian Pariwisata RI, Antariksa memimpin FGD pengembangan pariwisata di kawasan Teluk Bone yang berlangsung di Hotel Sutan Raja, Kolaka, Kamis (9/3/2017). (Abdul Saban/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Kasubid Kawasan Pariwisata Terpadu, Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Kementerian Pariwisata RI Antariksa menegaskan pihaknya mendukung pengembangan pariwisata di Kolaka, utamanya di wilayah yang berurusan dengan kawasan perairan Teluk Bone.

Penegasan itu disampaikan Antariksa saat memimpin Focus Group Discussion (FGD) Pertemuan Nasional pengembangan kawasan Teluk Bone di Hotel Sutan Raja, Kabupaten Kolaka, Kamis (9/3/2017).

Menurutnya, Teluk Bone adalah salah satu kawasan yang kaya akan destinasi wisata, terutama bahari. Maka dari itu daerah-daerah yang ada di Teluk Bone harus secara aktif menyusun program wisata mereka. Kementerian Pariwisata akan ikut ambil bagian dalam program-program tersebut.

Namun dari 500 kabupaten/kota di Indonesia memang tidak memungkinkan Kementerian Pariwisata untuk mendatangi satu persatu daerah itu. Makanya daerah yang lebih aktif berkonsultasi dengan Kementerian Pariwisata, biasanya destinasi daerah itu akan lebih maju.

“Saat sesi tanya jawab banyak yang tanyakan bagaimana cara mengembangkan pariwisata. Kami dari Kementerian Pariwisata pasti akan merespon dari keinginan para kabupaten/kota yang ikut dalam FGD ini. Kami mengundang teman-teman daerah untuk datang ke Kementerian Pariwista. Banyak sekali sebenarnya kegiatan yang bisa kami arahkan ke daerah. Namun yang perlu kami garis bawahi semua program itu harus dijemput oleh daerah,” katanya.

Dia menambahkan, dirinya sangat optimis untuk destinasi wisata di kabupaten/kota di Teluk Bone akan cepat berkembang. Sebab kriteria daya tarik wisatanya memiliki kesamaan dengan daerah lain yang ada di Indonesia.

“Seperti di Kolaka, Kolaka ini dengan Wakatobi tidak terlalu jauh, Kolaka juga banyak pulau dan daerah pesisir. Atraksi wisata di Kolaka sudah sangat banyak dan begitupun dengan akses. Di Kolaka sudah ada bandar udara yang menghubungkan Kolaka dengan daerah lain, ada pelabuhan dan sebagainya. Cuma yang perlu ditingkatkan adalah sarana dan prasarana yang berkaitan dengan wisata,” tambahnya.

Untuk di Kabupaten Kolaka memang terdapat sejumlah pilihan destinasi wisata, mulai dari wisata bawah bahari hingga wisata alam lainnya.

FGD yang berlangsung sejak tiga hari lalu itu merupakan rangkaian agenda Pertemuan Nasional yang akan dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk membahas pengembangan kawasan Teluk Bone bersama di Kabupaten Kolaka. (A)

 

Reporter: Abdul Saban
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com