Tampilan Desktop


Kemristek Dikti: Kualitas Dosen di Sultra Masih Rendah
54 Dibaca

Kemristek Dikti: Kualitas Dosen di Sultra Masih Rendah

PENULISAN PROPOSAL – Dirjen Pengembangan Teknologi Industri Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemristek Dikti) RI Hotmatua Dauly (tengah) foto bersama usai membuka workshop penulisan proposal di Aula Mandala Waluya Kendari, Kamis (14/4/2016). Workshop ini diikuti oleh 18 perguruan tinggi se-Sultra. (Ilham Surahmin/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Salah satu indikator penilaian kualitas seorang dosen adalah berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan. Di Sulawesi Tenggara, kualitas dosen masih sangat rendah.

Dirjen Pengembangan Teknologi Industri Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemristek Dikti) RI Hotmatua Dauly mengungkapkan, secara umum kemampuan dosen di Sultra dalam menulis proposal penelitian hingga saat ini belum begitu nampak ke permukaan.

“Yang saat ini bisa terlihat hanya perguruan tinggi negeri saja, dan lain-lainnya belum terlalu muncul,” kata Hotmatua Dauly ditemui usai membuka workshop penulisan proposal di Aula Mandala Waluya Kendari, Kamis (14/4/2016).

Hal yang perlu dipersiapkan perguruan tinggi saat ini, lanjut dia, adalah dosen-dosen yang siap melakukan penelitian.

Dia menambahkan, kemristek dikti akan memberikan apresiasi kepada para dosen yang melakukan penelitian sebagai bentuk perhatian dalam meningkatkan kualitas dosen secara nasional.

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan bantuan dana penelitian kepada dosen yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan serta diberikan pula pendampingan dalam proses penelitian.

Dikatakan dia, secara nasional anggaran yang dikucurkan kemristek dikti untuk dana penelitian pada tahun ini sebesar Rp. 1,8 triliun. Penyaluran di setiap daerah, kata dia, akan disesuaikan dengan jumlah proposal yang lulus verifikasi.

“Ya itukan kompetitif, kalau Sultra mau banyak ya tergantung berapa dapatnya (lulus verifikasi),” ungkapnya.

Untuk diketahui, salah satu alat ukur kualitas seorang dosen adalah melalui seberapa besar dirinya berkecimpung dalam dunia penelitian, sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat di luar kegiatannya sebagai tenaga pengajar dan pendidik di lingkup perguruan tinggi.

 

Penulis: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com