iklan zonasultra

Kepada Mahasiswa KKN, Bupati Butur Ingatkan Pengembangan Pertanian

Kepada Mahasiswa KKN, Bupati Butur Ingatkan Pengembangan Pertanian
KUNJUNGAN - Bupati Butur Abu Hasan saat mengunjungi sejumlah desa di wilayah Kecamatan Kulisusu, Minggu (3/2/2019). (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Bupati Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara, Abu Hasan kembali menyambangi sejumlah desa di daerah otoritasnya, Minggu (3/2/2019). Kunjungan itu dilakukan, untuk memberikan sejumlah edukasi kepada masyarakat, sekaligus memberikan penguatan program bagi para mahasiswa KKN dari Universitas Halu Oleo (UHO).

Dalam kegiatan itu, Abu Hasan kembali mengingatkan pentingnya pengolahan lahan pertanian menjadi produktif. Dengan hadirnya mahasiswa KKN tersebut, ia menaruh harapan terhadap pengembangan sektor pertanian, yang tidak lain adalah program unggulan pemerintah setempat agar bisa lebih optimal.

“Di wilayah ini saya tau persis banyak sekali tanaman pangan lokal yang bisa kita kembangkan untuk meningkatkan pendapatan petani kita,” tutur Abu hasan.

Menurut dia, pangan lokal diantaranya ubi kayu (singkong), ubi jalar, kacang tanah, talas, dan lain sebaganya itu, mesti terus dikembangkan. Mulai dari pengembangan bibitnya, hingga dalam bentuk olahan lainnya, yang lebih bernilai ekonomis. “Nantinya kita bisa siapkan kemasannya melalui dekranasda,” ujarnya.

Selain pertanian, Abu Hasan juga memberikan saran terkait perubahan iklim saat ini. Di mana, masyarakat terutama anak-anak rawan terserang wabah DBD. Sehingga pada kesempatan itu juga, ia berpesan kepada mahasiswa KKN untuk membantu masyarakat dalam mencegah wabah tersebut melalui penyuluhan.

Dalam kunjungan itu, Abu Hasan tidak sendiri. Ia didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Siti Rabiah Abu Hasan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Laode Safri, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Hasanun dan Camat Kulisusu, Rusman.

Pada kesempatannya, Siti Rabiah Abu Hasan mengingatkan pentingnya mencegah terjadinya stunting pada anak-anak. Olahnya itu, ia berpesan agar orang tua, khususnya ibu rumah tangga selalu memperhatikan asupan gizi pada setiap anak.

“Kami berharap juga mahasiswa bisa membantu masyarakat desa untuk memberikan sosialisasi, agar mereka bisa terhindar dari DBD maupun stunting,” ungkapnya dihadapan mahasiswa KKN. (b)

 


Kontributor: Irsan Rano
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib