Tampilan Desktop

Kepala Puskesmas Soropia: Ibu Bayi Kembar Gizi Buruk Berikan Air Hujan Bayinya
149 Dibaca

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Kepala Puskesmas Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Nur Ida mengungkapkan, ibu bayi kembar Nur Aisyah dan Nur Azizah yang divonis oleh dokter menderita gizi buruk, ternyata selama ini diberikan air hujan untuk dikomsumsi.

Kepala Puskesmas Soropia: Ibu Bayi Kembar Gizi Buruk Berikan Air Hujan Bayinya

Nur Ida

Nur Ida mengungkapkan, pihaknya mendapatkan laporan dari bidan yang melakukan proses persalinan kedua bayi tersebut bahwa mengalami diare akibat sang ibu bayi, Dewi memberikan air hujan yang dimasak sebagai pengganti air bersih untuk dikonsumsi kedua bayinya itu.

“Iya, kami takut mengambil tindakan, akhirnya kami langsung rujuk ke rumah sakit sini,” ungkap Nur Ida saat ditemui di RS Bahteramas, Rabu (20/7/2016).

Nur Ida juga menambahkan, bahwa pihaknya sudah melakukan prosedur kesehatan yang sesuai serta dirinya menepis rumor negatif yang beredar dimasyarakat melalui sejumlah pemberitaan di media. Oleh karena itu salah satu tujuan pihaknya ke rumah sakit untuk melakukan klarifikasi.

“Ya kita ingin semua jadi lurus, jangan sampai ada berita-berita yang tidak enak,” ungkapnya.

Bidan Puskesmas Soropia Habibi menjelelasakan, jika proses persalinan berlangsung normal dan lancar serta kedua bayi lahir dengan berat badan bayi pertama 1,9 Kg dan bayi kedua 2,5 Kg.

Sebelum dipulangkan ke desa Saponda Laut, Kecamatan Soropia, kedua bayi itu dirawat di rumah tunggu bidan, setelah dinyatakan sehat oleh pihkanya dua hari kemudian. Selanjutnya kedua bayi dipulangkan ke rumahnya.

“Ya, karena memang disana daerah terpencil dan mereka merupakan keluarga kurang mampu, jadi mungkin tidak memberikan kondisi yang nyaman untuk kedua bayinya,” ujar bidan Habibi.

(Artikel Terkait : Bayi Kembar Gizi Buruk Diperbolehkan Pulang)

Setelah satu bulan tinggal di Saponda, ibu dan ayah kedua bayi tersebut datang membawa kedua bayinya akibat mengalami diare. Karena tidak mendapat tindakan akhirnya dirujuk ke RS Bahtermas. Kemduian ketika sang ibu ditanya, lanjut Habibi, ibu bayi mengatakan jika dia beri minum air hujan.

“Alasannya dia diajar oleh tetangga katanya bagus dikasih air hujan, iya kami lihat karena ibunya juga mungkin kurang pengetahuan, apalagi ini nikah mudah,” tuturnya.

Kabar terkahir, kondisi salah seorang bayi Nur Aisyah kakak dari Nur Azizah sempat mengalami diare sehingga pagi tadi diberikan infus dan saat ini infus telah dilepas karena sang bayi mengalami pembekkan dibagian wajahnya. (A)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor  : Rustam

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com