Tampilan Desktop


Kerugian Banjir di Konut Ditaksir Rp.3,5 M, Belum Termasuk Infrastruktur
217 Dibaca

Kerugian Banjir di Konut Ditaksir Rp.3,5 M, Belum Termasuk Infrastruktur

BANJIR KONUT – Banjir yang terjadi di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (16/7/2016) dini pukul 03.00 Wita hingga surut Sabtu malam telah merusak ratusan rumah warga dan menyebabkan kerugian materil mencapai Rp 3,5 miliar. jEFRI IPNU /ZONASULTRA.COM

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Banjir yang terjadi di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (16/7/2016) dini pukul 03.00 Wita hingga surut Sabtu malam telah merusak ratusan rumah warga dan menyebabkan kerugian materil mencapai Rp 3,5 miliar.

Bupati Konut Ruksamin mengatakan taksiran tersebut baru kerugian masyarakat, belum diihitung rusaknya bangunan pemerintah seperti sekolah dan jembatan. Banjir dengan ketinggian air 1 hingga 2 meter tersebut tidak diduga-duga oleh masyarakat sehingga bahan makanan, pupuk, dan milik warga lainnya banyak yang terbawa banjir.

Untuk korban yang nyaris tewas terdapat 2 orang yakni balita berusia 1, 7 tahun, sudah diselamatkan dengan dibawa langsung ke rumah sakit. Sedangkan seorang lagi merupakan pria dewasa yang terjatuh karena berusaha menyelematkan jembatan dari batang pohon besar yang lewat.

“Orang tua itu tergelincir dan jatuh. Alhamdulillah bisa kita tolong karena saya berada di lokasi kejadian. Kalau yang balita tadi saya sudah dapatkan laporan sudah sehat,” kata Ruksamin yang menyempatkan diri datang diacara Halal Bihalal Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sultra di Kendari, Sabtu malam (16/7/2016).

Menurut Ruksamin, total masyarakat yang menjadi korban banjir mencapai 2.871 orang dari 5 Kecamatan dan 25 desa dengan jumlah 929 kepala keluarga (KK). Hingga Sabtu malam, semua warga yang menjadi korban sudah kembali ke rumahnya masing-masing, juga lalu lintas yang sempat terganggu juga kembali normal.

Adapun 5 kecamatan yang dilanda banjir adalah Andowia, Asera, Molawe, Lasolo dan Langgikima. Andowia merupakan wilayah terparah diterjang banjir hingga melumpuhkan 12 desa. (B)

 

Repoter : Muhamad Taslim Dalma
Editor  : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com