Tampilan Desktop


Kerugian Kapal Terbakar di Pelabuhan Feri Wawonii Ditaksir Rp 500 Juta
271 Dibaca

Kerugian Kapal Terbakar di Pelabuhan Feri Wawonii Ditaksir Rp 500 Juta

KM Sidrayani ditarik oleh kapal KPPLP dari tengah teluk Kendari kembali ke pelabuhan feri Wawonii. Akibat terbakarnya kapal ini ditaksir kerugian mencapai Rp 500 juta. Rasman/ZONASULTRA.COM

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Sekitar pukul 12.42 wita, Senin (1/2/2016) sebuah kapal penumpang KM Sidrayani terbakar di pelabuhan feri Wawaonii. Akibat kebakaran kapal berkapasitas 33 ton ini, kerugian yang diderita oleh pemilik kapal maupun penumpang berkisar Rp 500 juta.

Wakapolsek KP3 Kendari, Ipda Rachmat Zamzam mengatakan, berdasarkan penyidikan awal yang dilakukan, kapal terbakar akibat adanya percikan api dari mesin. Api semakin cepat menjalar karena kapal tujuan Kecamatan Lansilowu, Kabupaten Konawe Kepulauan tersebut memuat bahan bakar minyak, barang campuran dan tabung gas LPG.

Untuk proses pengembangan kasus ini, Rachmat menerangkan, masih akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap pemilik kapal dan anak buah kapal yang bisa dijadikan saksi dari kejadian kebakaran kapal tersebut.

Asniar, salah seorang penumpang KM Sidrayani mengatakan, akibat terbakarnya kapal tersebut barang-barang dagangannya yang berada di dalam kapal ludes. Adapun kerugian akibat kebakaran tersebut ditaksirnya mencapai Rp.5 juta.

Sementara itu pengawas Syahbandar pelabuhan Fery Wawonii, Abdul Rasyid mengatakan, pihaknya tidak mengetahui kalau kapal tersebut memuat tabung gas. Kalaupun nantinya mereka tidak akan menerbitkan izin berlayar jika kapal tersebut memuat bahan yang muda terbakar dan meledak seperti BBM dan tabung gas.

“Kami senantiasa melakukan pemeriksaan rutin terhadap semua kapal yang akan berangkat dari pelabuhan feri wawonii ini. Kalau tidak memenuhi standarisasi keselamatan penyeberangan kami tentunya akan menyikapinya,” kata Abdul Rasyid yang ditemui di ruang kerjanya.

Kepala Badan SAR Nasional Kendari, Amiruddin mengungkapkan, dalam proses evakuasi kapal tersebut pihaknya sedikit mengalami kesulitan. Sekitar hampir satu jam pihaknya baru bisa menarik KM Sidrayani kembali ke pelabuhan feri setelah sempat dibawah arus ketengah teluk Kendari.

Berkat bantuan dari Kapal KPLP, akhirnya KM Sidrayani bisa ditarik ke pelabuhan dan berhasil dipadamkan oleh mobil pemadam kebakaran.

 

Penulis : M Rasman Saputra
Editor  : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com