Kery-Gusli Minta Tim Pemenangan Ciptakan Demokrasi Santun dan Beretika

0
Kery Saiful Konggoasa-Gusli Topan Sabara
Kery Saiful Konggoasa-Gusli Topan Sabara

Kery Saiful Konggoasa-Gusli Topan Sabara Kery Saiful Konggoasa-Gusli Topan Sabara

 

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa – Gusli Topan Sabara, dengan akronim KSK-GTS meminta kepada seluruh tim pemenangan dari masing-masing kandidat untuk menciptakan demokrasi santun dan beretika dengan tidak menggunakan kampanye sebagai ajang untuk saling menjatuhkan, saling menfitnah, hanya demi kekuasaan yang bersifat sementara.

Bakal calon Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara menjelaskan, perkembangan teknologi informatika seperti jejaring sosial kerap dimanfaatkan sekelompok orang untuk menghujat, dan menyebar fitnah yang bertujuan untuk menjatuhkan kandidat lain.

“Ini adalah bibit-bibit pemecah persatuan kita, apa lagi masyarakat Konawe yang menjadikan Kalo Sara (Adat Tolaki) sebagai simbol pemersatu, ini yang harus kita jaga bersama-sama,” ungkap Gusli kepada awak zonasultra.com, Selasa (12/9/2018)

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe, menilai adanya bibit kesenjangan sosial yang dibuat oleh kelompok-kelompok tertentu, sementara saat ini legislatif dan eksekutif sedang berusaha untuk mengatasi kesenjangan itu.

Gusli mengaku, sangat merindukan sistem demokrasi yang diterapkan leluhur Konawe pada zaman kerajaan, sistem yang berasaskan Kalo Sara. Di mana leluhur tidak berambisi untuk mengejar jabatan ketika dirinya tidak memiliki kemampuan melaksanakannya. Namun hal itu tidak berlaku lagi saat ini.

Ia berharap agar tim pemenangan masing-masing kandidat dapat menjaga budaya berdemokrasi berasaskan Kalo Sara seperti yang dilakukan leluhur, agar proses pemilihan pemimpin konawe 2018 yang akan datang bisa menjadi contoh untuk daerah lain.

“Jangan lagi saling menjatuhkan, apa lagi sampai melakukan fitnah hanya untuk tujuan terntu. Kita semua adalah orang Konawe, jadi mari kita jaga daerah kita ini. Cintailah negeri para leluhur tanah kerinduan ini, jangan karena politik kita bercerai,” imbuh politisi PAN itu.

Sebangai informasi, Bupati Konawe Kerya Saiful Konggoasa telah resmi berpasangan dengan Gusli Topan Sabara yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Konawe, pasangan dengan akronim KSK-GTS ini bahkan telah mendapatkan rekomendasi dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sebagai kendaraan politik mereka pada pesta demokrasi Pilkada Konawe 2018 mendatang. (B)

 

Reporter : Restu Tebara
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here