Ketua Bumdes Lagadi Diduga Kelola Dana Bumdes Sendiri

491
Dana Desa Tahap Pertama 2016 Cair Juli
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Ketua Badan usaha milik desa (Bumdes) Lagadi Mardalil diduga mengelola dana bumdes sendirinya dan tidak transparan dengan dana tersebut. Mardalil diduga tidak melibatkan perangkat Bumdes.

Bendahara Bumdes Lagadi, La Ode Asiri mengatakan, selama dilantik pada tahun 2017 yang lalu, dirinya tidak mengetahui berapa jumlah dana yang ada di Bumdes ini. Nanti di penghujung tahun 2018, dirinya baru mengetahui jumlah dana bumdes sekitar kurang lebih Rp 143 juta.

“Saya jadi bendahara bumdes ini, cuman sebagai stempel saja. Karena dana tersebut diperuntukkan untuk apa saya tidak dilibatkan dan dana bumdes itu dipegang oleh ketua bumdes lagadi,” kata La Ode Asiri kepada awak zonasultra.com saat ditemui di kantor Desa Lagadi, Jumat (11/1/2019).

Lanjut Asiri, selama menjabat sebagai bendahara bumdes, dirinya tidak pernah dilibatkan dan bahkan tidak pernah mengetahui jumlah dana tersebut. Bahkan saat pencairan dana bumdes dirinya juga tidak pernah menandatanginya.

“Saya juga bingung, tidak pernah tanda tangan itu pencairan dana bumdes. Tapi kok dana bumdes itu bisa terpakai. Tak hanya itu saja, untuk melakukan rapat terkait perencanaan program itu tidak pernah ada,” tuturnya.

Dirinya merasa kaget tiba-tiba di tahun 2018 yang lalu, dibangun percetakan batako. Untuk luas lahannya saja dirinya tidak mengetahui, apa lagi lahan tersebut dihibahkan atau bagaimna.

“Saya bendahara dan sekretaris tidak pernah dimanfaatkan keberadaan kita di Bumdes ini. Semua yang atur dana di Bumdes cuman ketua saja,” jelasnya.

Di tempat yang sama Ketua BPD Lagadi, Nurdin mengatakan sepanjang tahun 2018 yang lalu, seluruh kegiatan Bumdes tidak ada penyampaian kepada pihak BPD. Lanjut dia, hanya saja di tahun 2017 ada laporan dana simpan pinjam dari pihak bumdes.

“Kita inginkan Bumdes ini, setiap mengelola dana bumdes ini dapat melibatkan anggotanya. Jangan cuman dijadikan pajangan saja seperti yang terjadi pada bendahara bumdes ini, selama ini jumlah dana bumdes tidak mengetahuinya,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya menginginkan setiap ada kegiatan Bumdes dapat memperdayakan anggota lainnya. Untuk bisa duduk bersama dalam melakukan kegiatan di desa Lagadi ini.

Ketua Bumdes Lagadi Mardalil dikonfirmasi awak zonasultra.com lewat telpon selulernya, enggan merespon masalah tersebut. (b)

 


Kontributor : Kasman
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib