Ketua DKPP RI Tekankan Netralitas dan Independensi KPU di Sultra

1
Ketua DKPP RI Tekankan Netralitas dan Independensi KPU di Sultra
RAPAT PIMPINAN – Pembukaan Rapat Pimpinan KPU Provinsi, KPU kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara di Hotel Clarion Kendari, Minggu (3/9/2017) malam. (Rustam/ZONASULTRA.COM)

Ketua DKPP RI Tekankan Netralitas dan Independensi KPU di Sultra RAPAT PIMPINAN – Pembukaan Rapat Pimpinan KPU Provinsi, KPU kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara di Hotel Clarion Kendari, Minggu (3/9/2017) malam. (Rustam/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – KPU Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Rapat Pimpinan KPU Provinsi, KPU kabupaten/kota se-Sultra di Hotel Clarion Kendari, Minggu (3/9/2017) malam. Acara dibuka langsung oleh Ketua DKPP RI Harjono.

Harjono menekankan pentingnya netralitas komisioner KPU dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 di Sultra. Demi netralitas tersebut komisiner harus mengorbankan hak politiknya sebagai warga negara. Hak yang dimaksud misalnya untuk berpihak dan berpolitik praktis.

“Bapak ibu yang mau aktif di KPU adalah hal yang luar biasa. Begitu masuk KPU harus netral untuk apa saja. Jajaran KPU dari atas sampai ke bawah adalah manusia yang rela atas hak-haknya untuk terlaksananya Pilkada dengan baik,” ujar Harjono yang baru pertama kali datang di Kendari.

Selain harus netral, KPU juga harus menjaga independensi. Namun kata Harjono, masalahnya sekarang bagaimanapun indenpendennya, KPU masih diganggu peserta pemilu (caleg, calon gubernur, calon legislatif) yang maju lewat partai politik dan jalur perseorangan.

Pendidikan demokrasi di partai politik yang masih kurang jadi masalah saat ini. Kata Harjono, ada ruang yang bisa diisi penyelenggara pemilu untuk ikut mendorong partai politik supaya jadi lebih demokratis, misalnya KPU memberi contoh dengan menjaga netralitas dan independensi. (B)

 

Reporter: Muhamad Taslim Dalma
Editor: Jumriati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here