Tampilan Desktop


Ketua DPRD Butur Berang, Pengumuman Bupati & Wakil Bupati Salahi Aturan
246 Dibaca

ZONASULTRA. COM, BURANGA– Rapat paripurna istimewa pengumuman dan pengesahan Bupati  dan Wakil Bupati Buton Utara (Butur) terpilih Abu Hasan-Ramadio, yang  digelar oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat (2/2/2016)  ternyata meninggalkan polemik ditubuh internal lembaga perwakilan rakyat  itu.

Rukman Basri Zakariah

Rukman Basri Zakariah

Rukman  menganggap bahwa apa yang dilakukan oleh tujuh anggota legislatif yang  menggelar rapat istimewa tersebut tidak sesuai dengan mekanisme.

Seharusnya sebelum rapat istimewa,  terlebih dahulu digelar rapat  pimpinan, lalu dilanjutkan rapat Badan Musyawarah (Bamus).

“Rapat  pimpinan tidak digelar, karena saya dan anggota dewan lainnya masih di  luar daerah kemarin itu. Kemudian digelarlah Bamus dan ini harus qourum.  Tapi mekanisme itu tidak dilakukan oleh teman-teman di dewan,” ungkap  Rukman Basri Zakariah saat konfrensi pers di kediamannya, Kamis  (4/2/2016) sore.

Politisi PAN ini, mengaku sempat di hubungi   terkait adanya surat masuk dari KPU Butur perihal penetapan pasangan  bupati dan wakil bupati terpilih. Dengan informasi itu, dia menyampaikan  untuk proses selanjutnya supaya menunggu dirinya tiba.

“Sudah saya  sampaikan supaya mereka tunggu dulu saya pulang dari Jakarta baru kita  laksanakan semua mekanisme. Tapi kok tiba-tiba saja mereka gelar semua  proses itu,”berang Rukman.

Dengan kondisi seperti itu, sambung  Rukman apa yang dihasilkan pada rapat istimewa yang inprosedural itu  tidak sah.

Oleh karena itu, pihaknya akan meminta kepada Gubernur untuk  tidak menindak lanjuti apa yang telah dihasilkan pada rapat istimewah  ini sembari menunggu sikap resmi dari DPRD untuk proses selanjutnya.

“Saya  sebagai pimpinan DPRD Butur kalau seperti itu sama saja tidak dihargai,  begitu juga dengan 12 anggota legislatif lainnya,”sesalnya.

Rapat  paripurna istimewa pengumuman dan pengesahan Bupati dan Wakil Bupati  terpilih Abu Hasan-Ramadio itu dilakukan oleh tujuh anggota DPRD Butur  yang juga pengusung pasangan bupati dan wakil bupati pemenang,  yakni Wakil Ketua DPRD Butur Abdul Salam Sahadia, Muliadin Salenda,  Sujono, Harwis Hari, La Udu, Rahman, dan Sauli.

Sedangkan untuk  tiga belas anggota DPRD Butur lainnya yang diketahui juga semuanya  berasal dari koalisi partai pengusung Ridwan Zakariah-La Djiru, saat  penetapan  diketahui sedang  melakukan   perjalanan dinas ke luar daerah.

 

Penulis: Darso
Editor: Tahir Ose

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com