Tampilan Desktop


Ketua PN Raha Tanda Tangan, Rusman-Malik Aman?
58 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Pasangan bakal calon (Paslon) kepala daerah Rusman Emba-Malik Ditu terhambat oleh terlambatnya kelengkapan berkas di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal ini karena Pengadilan Negeri (PN) Raha (Muna) baru saja mengeluarkan surat keterangan tidak dalam tanggungan utang pada Jum’at (21/8/2015) kemarin.

Surat itu tersebut merupakan syarat wajib dalam verifikasi berkas pencalonan yang batas penyetorannya 7 Agusutus 2015. Berdasarkan  Peraturan KPU No.2 tahun 2015 tentang tahapan dan jadwal berkas perbaikan Paslon dimulai 3 sampai 7 Agustus 2015.

Rusman Emba mengatakan sebenarnya persoalan tersebut sangat tidak substansial dan sekarang masih masa verifikasi sebelum penetapan 24 Agustus. Pusat (KPU RI) sudah merekomendasikan secara lisan bahwa hal itu dikembalikan ke kabupaten. Silahkan kabupaten mengolahnya dengan baik dan mencarikan solusi.

“Jadi hasil konsultasi KPU Muna di pusat, kebetulan kami juga hadir, dikatakan bahwa persoalan tersebut adalah persoalan yang sangat sederhana yang sebetulnya bisa diselesaikan. Korwil KPU Indonesia Timur Arif Budiman juga mengatakan bahwa itu bukan kesalahan paslon tapi yang salah adalah KPU sekaligus pengadilan,” kata Rusman melalui telepon selulernya, Jum’at (21/8/2015).  

Sebagai penyelenggara Pemilu, KPU diharapkan bisa mewadahi semua kepentingan calon dan independen dalam setiap keputusannya. Olehnya itu Rusman berharap kepada KPU untuk tidak menggunakan hukum rimba dalam mengeksekusi sebuah persoalan tanpa mencari tahu kronologisnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com