Tampilan Desktop



Ketua TP PKK Kota Kendari Ajak Warga Kembangkan Toga di Pekarangan
103 Dibaca

Ketua TP PKK Kota Kendari Ajak Warga Kembangkan Toga di Pekarangan LOMBA PKK TERPADU – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Kendari Siska Karina Adriatma saat memetik tomat di kebun warga Kelurahan Wundudopi, Kecamatan Baruga, Senin (6/11/2017). Kunjungan Siska di Kelurahan Wundudopi ini, dalam rangka penilaian Lomba PKK Terpadu tingkat Kota Kendari. (Foto: Sumarlin untuk ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Kendari, Siska Karina Adriatma mengajak warga untuk memanfaatkan lahan pekarangan agar ditanami yang bermanfaat. Salah satunya adalah tanaman obat keluarga (Toga) dan sejenisnya.

Hal ini disampaikan Siska saat mengunjungi Kebun Toga Kelurahan Wundudopi, Kecamatan Baruga, Senin (6/11/2017). Kata dia, PKK tingkat kecamatan dan kelurahan harus menjadi motor penggerak bagi warga untuk menggalakkan kebun toga di pekarangan masing-masing.

Dikatakan, warga harus manfaatkan setiap jengkal pekarangan untuk ditanami sesuatu yang bermanfaat, salah satunya adalah toga. Istri ADP ini juga meminta, tidak hanya toga yang ditanam di pekarangan, tetapi juga bisa menanam sayur-sayuran untuk membantu kebutuhan keluarga itu sendiri.

“Saya berharap setiap ibu rumah tangga, berpikir positif terhadap pekarangan rumah masing-masing dengan menggalakkan program pemanfaatan lahan pekarangan untuk meningkatkan perekonomian, sehingga bisa meringankan beban belanja untuk kebutuhan dapur,” ungkapnya.

Ia yakin, jika para ibu memanfaatkan pekarangan rumah untuk tanaman sayur mayur, apotek hidup dan sejenisnya, pekarangan rumah juga bisa bernilai ekonomis.

Kunjungan Siska di kebun Toga Kelurahan Wundudopi tersebut dalam rangka penilaian lomba PKK terpadu tingkat Kota Kendari. Lomba ini merupakan bagian dari evaluasi program PKK selama 1 tahun, sehingga ia berharap peserta lomba aktif tidak hanya pada saat penilaian namun terus berlanjut.

Dalam kunjungannya ke Kelurahan Wundudopi, Siska mengaku bangga dengan warga kelurahan Wundudopi yang menanam aneka tanaman sayur di halaman dan lahan-lahan tidur di sekitar rumahnya.

“Saya salut dengan ibu Camat Baruga dan ibu Lurah Wundudopi yang mampu menggerakkan masyarakat untuk menanam aneka tanaman sayur, sehingga lahan-lahan tidur bisa termanfaatkan minimal untuk kebutuhan sendiri dan dijual untuk menambah pendapatan” katanya

Untuk diketahui, Lomba PKK Terpadu ini meliputi 8 jenis lomba yaitu, lomba tertib administrasi, lomba dasawisma, lomba kader PKK, lomba penyuluhan KDRT, lomba UP2K PKK, lomba pekarangan (hatinya PKK), lomba toga dan lingkungan bersih.

Lomba ini diikuti 11 kelurahan yang mewakili 11 kecamatan yang ada di Kota Kendari. Kesebelas kelurahan tersebut yakni Kelurahan Mokoau Kecamatan Kambu, Kelurahan Matabubu Kecamatan Poasia, Kelurahan Talia Kecamatan Abeli, Kelurahan Petoaha Kecamatan Nambo.

Selanjutnya, Kelurahan Mandonga Kecamatan Mandonga, Kelurahan Watulondo Kecamatan Puuwatu, Kelurahan Wundudopi Kecamatan Baruga, Kelurahan Bonggoeya Kecamatan Wuawua, Kelurahan Kadia Kecamatan Kadia, Kelurahan Purirano Kecamatan Kendari dan Kelurahan Sanua Kecamatan Kendari Barat. (B)

 

Reporter: Ramadhan Hafid
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free