Tampilan Desktop


KKP Kendari Bentuk 12 Posko Kesehatan Selama Arus Mudik dan Balik
104 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kendari membuka posko kesehatan selama arus mudik dan balik Lebaran tahun 2016 di setiap pelabuhan dan bandara yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra).

zona mudik, zonasultra

Ilustrasi

Kepala Seksi Upaya Kesehatan dan Lintas Wilayah KKP Kendari, Wahyuni Harti Thamrin mengatakan, kali ini pihaknya menyiapkan 12 posko kesehatan, delapan posko ditempatkan di pelabuhan dan empat posko di bandara. Posko ini dibuka selama sebulan penuh, yaitu 18 Juni sampai 18 Juli untuk pelabuhan dan 21 Juni hingga 21 Juli untuk bandara.

Menurut Wahyuni, posko kesehatan yang dibentuk ini akan memberikan pelayanan kesehatan kepada para penumpang dan ABK kapal. Selain itu, posko ini juga bertujuan untuk pengendalian resiko lingkungan yaitu memastikan tidak ada makanan ataupun minuman kadaluarsa yang dijual di sekitar pelabuhan dan bandara yang bisa membahayakan kesehatan penumpang.

“Para penumpang yang mudik bisa memanfaatkan posko ini untuk memeriksa kesehatan seperti tekanan darah atau sebagainya. ABK kapal, nahkoda dan kepala kamar mesin setiap hari kita lakukan medical check up, termasuk pemeriksaan alkohol. Bahkan tahun ini kita juga memeriksa riwayat minum obat, apakah obat yang diminum itu menyebabkan kantuk atau tidak. Kita benar-benar inginkan mudik bisa berjalan dengan lancar seperti jargon KKP yaitu mudik yang aman, sehat dan selamat,” terang Wahyuni, Senin (27/6/2016).

Adapun lokasi posko kesehatan yang bisa digunakan para pemudik untuk memeriksakan kesehatan adalah Pelabuhan Nusantara Kendari, Pelabuhan Feri Kendari, Pelabuhan Rakyat Kendari, Pelabuhan Pangulu Belo Wanci, Pelabuhan Feri Wanci, Pelabuhan Rakyat Wangi-wangi, Pelabuhan Penyeberangan Feri Kolaka dan Pelabuhan Murhum Baubau.

Selanjutnya posko kesehatan di bandara Haluoleo Kendari, Bandara Sangia Ni Bandera Kolaka, Bandara Matahora Wakatobi dan Bandara Betoambari Baubau. (B)

 

Reporter: Jumriati

View all contributions by

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com