Tampilan Desktop


Kodim Kendari Terima Bantuan 203 Unit Alsintan, Bakal Didistribusikan di 5 Kabupaten
29 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dalam mewujudkan program ketahanan pangan, Komando Distrik Militer (Kodim) 1417 Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima bantuan 203 unit alat pertanian dan mesin pertanian (Alsintan). Alsintan tersebut berupa 103 unit traktor roda dua, 13 unit traktor roda empat dan 60 unit alat tanam padi otomatis.

Kodim Kendari Terima Bantuan 203 Unit Alsintan, Bakal Didistribusikan di 5 Kabupaten

Ilustrasi

Komandan Kodim 1417 Kendari, Letkol Kav Agus Waluyo mengatakan, bantuan tersebut tentunya dapat membantu meringankan kerja kelompok petani. Bantuan yang berasal dari Kementrian Pertanian ini, nantinya akan didistribusikan di lima kabupaten jajaran Dandim 1417 Kendari.

Lima daerah tersebut adalah Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Kabupaten Konawe Utara (Konut), Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dan Kota Kendari.

Bantuan yang telah dibagikan, lanjut Dandim, tetap berada di bawah koordinasi Kodim kendari. Sehingga para petani yang nantinya akan menggunakan alsintan tersebut secara pribadi, akan dikenakan sewa sebesar Rp 1,3 juta.

“Prosedurnya ada di dalam regulasi yang nantinya akan kita buat, jadi nantinya petani yang ingin menyewa alsintan, baik pihak swasta atau secara pribadi, itu harga sewanya Rp 1,3 juta. Sudah lengkap dengan bahan bakarnya, operator dan lain sebagainya,” ujarnya.

Untuk operator yang akan mengoperasikan alat tersebut, akan direkrut dari kelompok tani serta dari Bintara Pembina Desa (Babinsa). Namun untuk sementara waktu pihaknya masih akan menyusun regulasinya. Meski begitu, dirinya memastikan bantuan tersebut sudah bisa didistribusikan dalam waktu dekat.

“Kita belum distribusikan, karena kita masih mau melakukan pelatihan dulu kepada operator yang nantinya akan menjalankan alat tersebut. Bisa dari kelompok petani dan juga dari Babinkantibmas. Kita usahakan bulan depan sudah bisa didistribusikan,” tutupnya. (B)

 

Penulis: Randi Ardiansyah
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com