Tampilan Desktop


Kolaka Resmi Miliki Pelabuhan Kontainer
583 Dibaca

Kolaka Resmi Miliki Pelabuhan Kontainer

Pelabuhan Kontainer – Bupati Kolaka, Ahmad Safei memberikan plakat pada Manager PT Mentari Line, Antony saat meresmikan pengoperasian Pelabuhan Kontainer Kolaka, Jumat (15/01/2016). Beroperasinya perusahaan ini diharapkan mampu memperlancar arus barang masuk dan keluar Kolaka. (Abdul Saban/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Perusahaan jasa pelayaran dan pengangkutan kontainer asal Surabaya, Jawa Timur, PT Mentari Line mulai Jumat (15/1/2016) hari ini resmi beroperasi di Pelabuhan Kontainer Kolaka, Sulawesi Tenggara. Perusahaan ini dijadwalkan akan melayani pengangkutan barang (peti kemas) rute Pelabuhan Kolaka-Surabaya.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengatakan, beroperasinya PT Mentari Line di daerah itu merupakan langkah awal untuk mewujudkan ekonomi yang maju. Pengangkutan peti kemas ini, lanjut dia, sudah lama dicita citakan oleh tiga bupati sebelumnya. Namun saat itu masih terkendala dengan kondisi infrastruktur Kolaka yang belum mendukung.

Ahmad Safei berharap, beroperasinya peti kemas di Kolaka mampu memperlancar arus barang masuk dan keluar serta menekan biaya angkut dibanding disuplay dari Kendari.

Kolaka Resmi Miliki Pelabuhan Kontainer

Pelabuhan Kontainer Kolaka

Menurutnya jika para pelaku usaha melakukan pengambilan barang di Surabaya maka akan ada perbandingan harga ketimbang menyuplay barang dari Makassar.

“Dari perbandingan ongkos, diperkirakan sekitar Rp 10 juta sudah sampai ke gudang dibanding jika disuplay dari Kendari yang mencapai Rp 16 juta. Itu baru dari sisi transportasi belum lagi dari harga barang,” terang Safei saat meresmikan beroperasinya PT Mentari Line, Jumat (15/1/2016).

Dirinya juga mengajak para pengusaha setempat untuk menyuplay barang dari Surabaya karena ada perbandingan harga yang cukup signifikan.

Manager PT Mentari Line, Antony mengatakan, pembukaan cabang baru Mentari Line di Kolaka merupakan terobosan untuk peningkatan sektor ekonomi yang membutuhkan pengiriman barang dari Pulau Jawa melalui mobilisasi laut.

Menurut Antony, kerjasama dengan Kolaka merupakan yang ke-14 kalinya setelah sebelumnya menjalin kerjasama dengan pemda lainnnya di Sultra. Untuk mobilisasi barang dari Surabaya-Kolaka sekitar 200 kapal siap berlabuh di Kolaka.

“Namun sekarang kita masih gabung dengan Palopo. Jika kapasitas barang meningkat maka ke depan kita akan kirim Surabaya-Kolaka dengan menyiapkan satu kapal,” jelas Antony.

 

Penulis: Abdul Saban
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com